DaerahKesehatanPemerintahan

Pj Bupati Sumedang Terima Simbolis 1.000 Smartwatch untuk Monitoring Kesehatan Ibu Hamil

FAJARNUSANTARA.COM- Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menerima suntikan teknologi dalam penanganan stunting. Selasa 28 November 2023.

Sebanyak 1.000 smartwatch dari PT. Indosat diserahkan secara simbolis oleh Direktur Indosat, Danny Buldansyah, kepada Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman, di Kantor Kemendagri, Jakarta,

Kegiatan tersebut langsung dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Kanavian.

Mendagri Tito Kanavian menyoroti perhatian khusus pemerintah terhadap masalah stunting, perlunya pencegahan stunting sejak 1.000 hari pertama kehidupan anak. Dalam konteks ini, smartwatch menjadi alat digital yang efektif untuk memonitor kehamilan melalui aplikasi SINURMI.

Baca Juga :  BKKBN Meriahkan Pramuka Saka Wira Kartika, Berikan Pelayanan Gratis dan Bagikan Telur

“Masa 1.000 hari pertama kehidupan merupakan masa penting untuk pertumbuhan anak. Harus tahu siapa ibu hamil dan anak-anak di bawah dua tahun yang diperkirakan kurang gizi,” ungkapnya.

Mendagri juga mengapresiasi inovasi SINURMI dari Pemda Sumedang yang memanfaatkan smartwatch. Ia menekankan pentingnya optimalisasi teknologi ini untuk pemantauan kesehatan ibu dan anak.

Baca Juga :  BKKBN Meriahkan Pramuka Saka Wira Kartika, Berikan Pelayanan Gratis dan Bagikan Telur

“Saya hargai Indosat dan Pemda Sumedang. Stunting ini harus ditangani secara gotong royong,” ujarnya.

Pj. Bupati Sumedang, Herman Suryatman, menjelaskan bahwa aplikasi SINURMI memberikan kemudahan dalam memantau kondisi ibu hamil secara digital.

Melalui smartwatch, para pengguna dapat mendeteksi tekanan darah, detak jantung, saturasi, lokasi, jumlah langkah, serta kondisi ibu hamil secara real-time.

Baca Juga :  BKKBN Meriahkan Pramuka Saka Wira Kartika, Berikan Pelayanan Gratis dan Bagikan Telur

“Kami bisa mendeteksi lima hal. Itu untuk deteksi dini. Jadi, kalau ada ibu hamil terganggu detak jantung dan tekanan darahnya, langsung diintervensi,” ungkapnya.

Smartwatch ini diharapkan dapat berperan aktif dalam mendukung program pemerintah untuk menurunkan angka stunting di Indonesia.

“Sehingga, dengan adanya SINURMI, diharapkan lahir generasi penerus yang lebih baik,” tandasnya. **

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button