BisnisDaerahPemerintahan

Sumedang-Jakarta Jajaki Kerjasama Smart City, Beda Platform, Sama-sama Canggih

FAJARNUSANTARA.COM- Pemerintah Kabupaten Sumedang mengambil langkah strategis dengan menjajaki kerjasama bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kunjungan ini, yang berlangsung di Jakarta Smart City pada Senin (27/11/2023), bertujuan menggali potensi pengembangan smart city melalui platform digital.

Platform digital Jakarta Kini (JAKI) yang dimiliki DKI Jakarta menjadi sorotan, diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Pemda Sumedang pun mengambil inspirasi signifikan dalam pengelolaan kota berbasis Smart City berkelanjutan.

Baca Juga :  Sukses! Disparbudpora Gelar Sumedang Agrokraf Expo 2023, Inovasi Mangga Gedong Gincu

Pj. Bupati Sumedang, Herman Suryatman, berpendapat bahwa platform digital Jakarta dan Sumedang sebenarnya tidak terlalu berbeda, perbedaan yang paling mencolok terletak pada kemasan platform tersebut.

“Komparasi antara Jakarta dan Sumedang tidak terlalu jauh. Yang terlihat signifikan perbedaannya adalah kemasannya,” ujar Herman.

Selain perbandingan dalam platform, Herman menyoroti tantangan literasi warga Sumedang yang masih tertinggal.

Baca Juga :  Inspiratif dan Inovatif! Prestasi Ganda PNS Sumedang Bersinar di Jabar 2023

“Terdapat waktu yang cukup leluasa untuk meningkatkan literasi warga, dimulai dari literasi ASN. Kolaborasi antara Sumedang dan Jakarta akan terus dikembangkan,” tambahnya.

Kepala UP Jakarta Smart City, Yudistira Nugraha, memberikan apresiasi terhadap inovasi Pemda Kabupaten Sumedang.

“Sumedang luar biasa. beberapa inovasi dianggap lebih dari yang kami lakukan di Jakarta Smart City. Namun, memang perlu kemasan yang lebih menarik,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab Sumedang Luncurkan Layanan PDP di 15 Puskesmas untuk Dukung ODHA

Yudis menekankan pentingnya fokus pada kebutuhan masyarakat, meskipun Sumedang bersifat lokal.

“Inisiatif dari Sumedang sudah cukup fokus pada kebutuhan masyarakat. Sudah beralih dari government-centric ke user-centric, contohnya layanan notifikasi saat bayi lahir langsung mendapatkan dokumen kependudukan,” tambahnya.

Pendekatan humanis seperti ini, menurut Yudis, menunjukkan kehadiran pemerintah saat masyarakat membutuhkan. **

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button