BisnisEkonomi

Bantuan Sarana dan Prasarana DBHCHT Beri Dampak Positif bagi Petani Tembakau

FAJARNUSANTARA.COM- Kelompok Tani tembakau di Kabupaten Sumedang mengapresiasi tinggi Festival Tembakau yang digelar Pemerintahan Kabupaten Sumedang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Di tengah mahalnya dan kelangkaan pupuk, bantuan dari DBHCHT menjadi penyemangat bagi petani seperti Kokom Kustiawan (63) dari Kelompok Tani tembakau Kedu Pakuan.

Baca Juga :  Kinerja Unggul, Insan Pertanian Sumedang Dapat Penghargaan

Kokom, petani turun temurun dari Dusun Cijolang RT 01 RW 10 Desa Margaluyu, Tanjungsari, berbagi pengalaman tentang keterbatasan lahan yang mereka sewa, baik dari pemerintah maupun milik pribadi.

“Berkat bantuan sejumlah sarana dan prasarana mulai dari peralatan seperti rajang, sasag, dan pupuk dari Program DBHCHT, para petani merasakan bantuan yang signifikan,” ujarnya.

Baca Juga :  DBHCT Dukung Pengembangan Tembakau dalam Berbagai Sektor di Sumedang

Meski demikian, tantangan utama yang dihadapi adalah pemasaran yang kurang efektif. Selasa 28 November 2023.

Dikatakannya, Festival Tembakau baru-baru ini menjadi peluang berharga bagi petani untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan lebih lanjut dalam tata cara pemasaran.

Baca Juga :  Mentan Amran: Food Estate di Sumedang Dapat Tambahan Benih dan Alat Pertanian

“Semangat para petani terangkat dengan adanya dukungan ini,” pungkas Kokon Petani Tembakau asal Tanjungsari.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button