DaerahNasionalPeristiwa

Ini Kronologis Kecelakaan Maut di Tanjungsari yang Menewaskan Dua Orang dan Enam Luka-luka

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Dua orang, meninggal dunia akibat kecelakaan maut yang disebabkan Truk Tronton Hino nomor polisi Z-9335-HB di Jalan Raya Bandung-Cirebon. Tepatnya, di depan Alun-alun Tanjungsari Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat pada Selasa (1/12) sekitar pukul 15.00 tadi.  Selain itu, satu orang mengalami luka berat serta lima orang lainnya luka ringan.

Kasat Lantas Polres Sumedang, AKP Eryda melalui keterangan tertulisnya menyebutkan, kecelakaan maut itu melibatkan tujuh kendaraan bermotor. Diantaranya, tiga sepeda motor berupa Honda Beat Nopol Z-5671-AAG, Yamaha Mio Nopol F-6364-RC dan Honda Karisma Nopol D-6346-VK. Kemudian Dump Truck Tronton Hino Nopol Z-9355-HB yang menjadi penyebab kecelakaan, Angkot 08 Nopol Z-1956-AC, Mitsubishi Pajero Sport Nopol D-1597-VCN dan Truck Colt Diesel Nopol E-9356-VC.

“Selain kendaraan ada juga pedagang siomay yang tertabrak gerobaknya saja. Itu milik  Nedi (58) yang merupakan warga Dusun Cibunar RT/W 02/03, Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong. Kemudian ada kerusakan pada sebuah Toko yang ikut dieruduk tronton milik Hj Iar Sumiarsih (55) asal Dusun Lambung RT/RW 02/02 Desa/Kecamatan Tanjungsari,” katanya.

Baca Juga :  Hendak Nyalip, Pemotor Malah Tabrak Truk Di Tanjungsari Hingga Meninggal

Untuk korban meninggal dunia, diketahui merupakan Muhammad Naufal F (17) seorang pelajar asal Perum Tanjungsari Permai RT/RW 01/07 Desa Raharja Kecamatan Tanjungsari. Dalam kejadian itu, korban yang mengendarai Honda Beat membonceng Susan Regina Maesaroh (16) yang juga pelajar asal Dusun Cikandang Keusal RT/RW 02/04 Desa Raharja Kecamatan Tanjungsari.

“Satu orang laki-laki atas nama Yaya Mulyana (55) yang beralamatkan Dusun Cikeuyeup RT/RW 02/04 Desa Ciptasari Kecamatan Pamulihan meninggal dunia di TKP. Satu orang lagi pengendara motor Honda Beat meninggal dunia dalam perawatan di RSUD Sumedang,” sebutnya.

Untuk korban luka ringan, ada lima orang yang saat itu tengah menaiki Angkot 08 Nopol Z-1956-AC yang dikemudikan Dedi (38) asal Dusun Gamblung RT/RW 04/06 Desa/Kecamatan Pamulihan. Lima penumpang itu merupakan Cecep Iwan H, Mulyanto, Awati yang merupakan warga Rancakalong dan Dedeh N K serta Cucum S asal Pamulihan.

Baca Juga :  Gelar Digital Expo, Sumedang Siap Hadapi Tantangan Global
Warga berkerumun di dekat Truk Tronton Hino penyebab kecelakaan beruntun.

Untuk kronologis kejadian yang didapat polisi dari dari Pengemudi Truck Colt Diesel yang ikut terlibat kecelakaan, Enco Karsa (29) asal Sindangkasih Kecamatan/Kabupaten Majalengka, Dump Truck Hino yang dikemudikan Deni Susanto melaju dari arah Bandung menuju arah Cirebon. Saat melintasi medan lurus dan sedikit menurun, damp truk itu terlebih dahulu menabrak sepeda motor Yamaha Mio yang dikendarai Ega Putra Pamungkas (28) seorang karyawan  swasta asal Tanjungsari dan sepeda motor Honda Beat yang dikendarai Muhammad Naufal (korban meninggal) yang membonceng Susan Regina Maesaroh yang melaju searah  di depan damp truk itu.

“Kemudian dump truck itu menabrak lagi gerobak siomay yang berada di bahu jalan sebelah kiri. Setelah itu kendaraan dump truck menabrak belakang kendaraan Angkot 08 yang membawa lima penumpang yang terdorong hingga menyerong ke kanan kemudian menabrak Yaya Mulyana (55) warga Dusun Cikeuyeup RT/RW 02/04 Desa Ciptasari Kecamatan Pamulihan yang sedang menyebrang jalan,” tuturnya.

Baca Juga :  Tertarik Transformasi Digital Sumedang, dalam Sehari Sumedang Dikunjungi Banyak Tamu Istimewa

Tak berhenti disana, kata kasat, bagian depan angkot 08 itu bertabrakan dengan bagian samping  kanan kendaraan Mitsubishi Pajero yang dikemudikan Dede Mulyana warga Dusun Pematang RT/RW 01/09 Desa Sawahdadap Kecamatan Cimanggung yang datang dari arah berlawanan. Pajero itu juga ikut tertabrak dump truk bagian depan samping kanannya. Belum juga berhenti, dump truk itu juga kembali menyeruduk truck Colt Diesel Nopol E-9356-VC yang dikemudikan Enco Karsa yang melaju tepat di belakang kendaraan Pajero Sport itu.

“Setelah itu dump truk Hino menabrak lagi tiga unit toko tempat usaha milik Hj Iar Sumiarsih. Di sama ada sepeda motor Honda Karisma Nopol D-6346-VK milik Agus Pramono yang terparkir di teras depan toko tempat usaha tersebut, lokasinya berada di kanan jalan tampak dari arah Bandung-Cirebon,” jelasnya.

Polisi juga telah mengamanka barang bukti yang sebagian diamankan di Polsek Tanjungsari. Begitu juga untuk surat-surat kendaraan diamankan Unit Laka Lantas Polres Sumedang. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button