DaerahPolitik

Panwascam Situraja Siap Antisipasi Hal Terburuk Pemilu 2024

FAJARNUSANTARA.COM- Berbagai macam upaya dilakukan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang untuk mengantisipasi kemungkinan buruk dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang. Senin 4 Desember 2023.

Pengawasan tahapan Pemilu di kawasan pelosok menjadi prioritas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Situraja, Kabupaten Sumedang.

Wilayah pelosok Kecamatan Situraja , di antaranya Desa Bangbayang, Cicarimanah dan Pamulihan , harus mendapatkan perhatian khusus, terutama nanti dalam proses pendistribusian logistik Pemilu.

Pasalnya desa-desa tersebut memiliki geografis yang agak sulit dijangkau karena masih banyaknya infrastruktur atau akses jalan yang kurang memadai.

Baca Juga :  Pentingnya Pencegahan Pelanggaran, Panwaslu Jatinangor Dorong Peningkatan Kemampuan PKD

“Kami akan melakukan optimalisasi pengawasan di wilayah pelosok yang memungkinkan terjadinya kendala pada pendistribusian logistik Pemilu, mengingat masih ada dusun-dusun yang agak sulit dijangkau,” ujar Ketua Panwascam Situraja , Cecep Setiawan

saat menyampaikan informasi terkait proses pengawasan dalam tahapan Pemilu 2024, di Kantor Panwascam Situraja , Senin, 4 Desember 2023.

Ia mencontohkan, ada satu dusun, yang di Desa Bangbayang yang sulit diakses oleh kendaraan roda 4. Kondisi ini diperparah jika cuaca tidak mendukung hal itu berpotensi menjadi kendala pada pendistribusian logistik.

Baca Juga :  Pemilu 2024 Sebentar Lagi, Panwaslu Tanjungsari Beberkan Tahapan dan Larangan Kampanye

Nah kami wajib memastikan bahwa kendala yang akan muncul bisa diatasi,” ucapnya.

Cecep menyampaikan, saat ini telah memasuki tahapan krusial yakni tahapan kampanye. Sehingga pengawasan yang saat ini dilaksanakan, di antaranya pengawasan pelaksanaan kampanye yang sedang dilakukan peserta Pemilu.

Kemudian, kata Cecep pihaknya juga bertugas melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah kecamatan terhadap pelanggaran Pemilu pada pelaksanaan kampanye ini.

“Kami optimalkan personil PKD ( Panwaslu Kelurahan/Desa) untuk mengawasi di tingkat desa. Karena selama ini banyak agenda kampanye yang dilakukan di desa-desa,” katanya.

Baca Juga :  Bawaslu Sumedang Gelar Rakor, Bahas Pengawasan Logistik Pemilu Tahun 2024

“Disamping itu, dengan keterbatasan personil pengawas, kami juga terus mendorong partisipasi masyarakat untuk turut serta mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu,” katanya lagi.

Ia menambahkan, yang menjadi rutinitas pengawasan oleh Panwascam adalah pemutakhiran data pemilih, penetapan daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap. Pasalnya proses tersebut terus bergulir hingga pelaksanaan Pemilu.

“Seberat apapun kendala dan tantangan yang kami hadapi dalam rangka mewujudkan Pemilu yang demokratis, bermartabat dan berkualitas, kami siap mengawal seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu,” tuturnya.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button