Peristiwa

Jalur Utama Jalan Sukawangi-Rancakalong Ditutup Sementara, Banjir Lumpur

FAJARNUSANTARA.COM- Intensitas hujan yang cukup mengakibatkan Lumpur setinggi 30 sentimeter menutupi jalur transportasi utama di Jalan Sukawangi-Rancakalong, blok Sampalan Desa Sukawangi, Kecamatan Pamulihan.

Hujan lebat yang terus mengguyur sejak Minggu (03/12) kemarin menjadi penyebab utama insiden ini. Senin 4 Desember 2023.

Baca Juga :  Insiden Pohon Tumbang di Sumedang, Jalur Bandung-Cirebon Kembali Lancar

Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana BPBD Kabupaten Sumedang, Adang, menjelaskan bahwa tingginya curah hujan menjadi pemicu tumpahan lumpur ini. BPBD dan instansi terkait telah bergerak cepat untuk meminimalkan dampak potensial.

“Jalan tertutup lumpur dari bukit sampalan, menghentikan arus kendaraan,” ungkap Adang.

Baca Juga :  Darurat Alam, Angin Puting Beliung Serang Sumedang, Suasana Mencekam

Petugas evakuasi dari BPBD Sumedang, Damkar Tanjungsari, TNI/Polri, relawan bencana Riksa Pamulihan, dan warga setempat bekerja bersama untuk membersihkan jalan dan memulihkan akses wilayah terdampak.

Adang mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada, mengikuti petunjuk, dan arahan petugas di lapangan.

Baca Juga :  Rekaman CCTV Ungkap Kekacauan: Pengelola Penginapan Jadi Korban Penyerangan

Sementara itu, evakuasi sementara dihentikan, dan jalan ditutup. Alternatif melintas melalui jalan Pasirbiru Rancakalong.

“Proses evakuasi kemungkinan akan dilanjutkan besok, mengingat kondisi lokasi yang sulit dan membutuhkan waktu lebih,” pungkasnya.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button