DaerahPemerintahanPolitik

Anggaran Pilkada 2024 Sumedang Disepakati, Fokus Pengamanan dan Penyelenggaraan

FAJARNUSANTARA.COM- Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang resmi menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pengamanan Pilkada 2024.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Pj. Bupati Yudia Ramli bersama Kapolres dan Dandim 0610/Sumedang di Aula Tampomas Gedung Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Rabu (26/6/2024).

Dalam APBD Sumedang, anggaran yang dialokasikan untuk Pilkada 2024 mencapai Rp 60,9 miliar.

Alokasi terbesar diberikan kepada KPU Sumedang sebesar Rp 44 miliar, disusul Bawaslu Sumedang Rp 8 miliar, dan pengamanan Rp 8,9 miliar yang terbagi untuk Polres sebesar Rp 7,4 miliar dan Kodim Sumedang sebesar Rp 1,5 miliar.

Baca Juga :  Pj Bupati Yudia Ramli Hadir Dipeluncuran Pilkada Sumedang 2024

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli mengungkapkan harapannya agar penandatanganan NPHD ini dapat memperkuat komitmen bersama dalam menyukseskan Pilkada 2024.

“Dengan bersama-sama mengawal dan menjaga penyelenggaraannya agar dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar serta jurdil sehingga menghasilkan pemimpin berkualitas dan bermartabat dalam membangun dan menyejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi, menambahkan bahwa beberapa tahapan Pilkada telah dilaksanakan, termasuk rekrutmen penyelenggara Pilkada di kecamatan dan desa/kelurahan seperti PPK dan PPS serta Pantarlih.

Baca Juga :  KPU Kabupaten Garut Sosialisasi Tahapan Krusial Pilkada 2024

“PPK dan PPS sudah terbentuk tanggal 24 Juni. Kami juga telah membentuk Pantarlih di hari yang sama. Pagi pelantikan, siangnya mereka langsung ke lapangan untuk memastikan setiap warga yang sudah ada di dalam DP4 untuk dilakukan pencocokan dan penelitian,” jelasnya.

Selain pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan petugas pantarlih, pihaknya juga tengah melakukan verifikasi faktual untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan.

Baca Juga :  Politisi PAN Kang Dudi: Siap Berkiprah di Eksekutif demi Kepentingan Masyarakat

“Pelaksanaan Coklit akan berjalan dari tanggal 24 Juni sampai 24 Juli 2024. Selain itu, verifikasi faktual pasangan calon perseorangan sedang berlangsung dari tanggal 21 Juni sampai 4 Juli,” tambahnya.

Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, diharapkan Pilkada 2024 di Kabupaten Sumedang dapat berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang mampu membawa perubahan positif bagi masyarakat.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button