DaerahPemerintahan

Bupati Garut Rudy Gunawan Tinjau Langsung Lokasi Longsor di Banjarwangi

FAJARNUSANTARA.COM- Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan pengecekan langsung di lokasi bencana tanah longsor yang terjadi di Jalan Banjarwangi – Cikajang, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, pada Senin (4/12/2023).

Rudy Gunawan menyampaikan bahwa runtuhnya Tembok Penahan Tanah (TPT) di Kecamatan Banjarwangi disebabkan oleh erosi akibat hujan intensitas tinggi. Dia menegaskan rencananya untuk memulai perbaikan esok hari dengan menggunakan metode bored pile.

“Informasi di media sosial tidak sepenuhnya akurat, area yang terdampak hanya sepanjang 15 meter, dan besok akan kita selesaikan. Ini disebabkan oleh hujan deras, dan area ini memang rawan karena merupakan Jalan Banjarwangi – Cikajang yang memiliki risiko tinggi,” ujarnya.

Baca Juga :  Bambang Riswandi Ingatkan Calon Legislatif Patuhi Aturan Penempelan APK

Rudy menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jawa Barat serta akan mengawasi keadaan di selatan Kabupaten Garut.

Selain itu, Bupati Garut mengungkapkan bahwa Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, akan melakukan investigasi langsung terhadap kerusakan rumah akibat bencana hidrometeorologi di wilayah tersebut.

Baca Juga :  Bencana Longsor dan Puting Beliung Guncang Garut

“Kerusakan rumah akan diganti maksimal 25 juta. Meskipun ada yang hanya 2 juta atau 5 juta, namun yang kehilangan rumah akan mendapatkan bantuan 25 juta dari anggaran BTT karena dampak hidrometeorologi,” tambahnya.

Ia juga mengimbau masyarakat Garut untuk tetap waspada terhadap bencana hidrometeorologi, terutama saat memasuki musim hujan.

“Besok akan ditangani dan transportasi tetap berjalan. Kami sedang mengawasi daerah selatan Garut, namun masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati selama musim hujan,” tandasnya.

Baca Juga :  Garut Bergerak, Serap 2.007 Petugas Lipat 10 Juta Surat Suara Pemilu 2024!

Sebelumnya, pada Jumat dini hari (01/12/2023) pukul 01.39, terjadi longsor di beberapa titik di Kecamatan Banjarwangi, melibatkan 8 lokasi termasuk Lawang Angin Desa Tanjung Jaya dan Kampung Ciawitali. Sebagian jalan terdampak mencapai 15 meter di Lawang Angin dan 6 meter di Ciawitali, sementara akses jalan di Kampung Burujul Desa Banjarwangi tertimbun sisa longsoran.(smbs)**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button