Daerah

Pembangunan Cekdam Cikeruh Disidak DPRD Sumedang

FAJARNUSANTARA, SUMEDANG – Pemerintah Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, tengah membangun sebuah Cekdam di kawasan Dusun Cikeruh lio Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor.

Cekdam itu, selain untuk mengatur volume Sungai Cikeruh, dikhususkan juga untuk mengantisipasi banjir yang kerap terjadi pada musim hujan.

Anggota DPRD Sumedang, Dudi Supardi bersama rombongan melakukan infeksi mendadak (sidak) ke lokasi pembangunan, Senin (28/9). Dudi ingin mengetahui secara langsung, sejauh mana progres pengerjaannya hingga saat ini.

“Ingin melihat sudah sampai dimana untuk pengerjaan proyeknya, mengingat juga aliran Sungai Cikeruh itu kan sering meluap saat musim hujan, hingga sering banjir di sebagian wilayah desa yang terlintasi Sungai Cikeruh itu,” katanya.

Dudi juga, ingin mengetahui secara pasti, selain sebagai pengatur volume air, apa saja manfaat yang akan dirasakan warga sekitar.

“Jelas harus ada segi manfaatnya juga bagi masyarakat sekitar dari proyek miliaran rupiah ini. Jadi jangan hanya untuk mengantispasi luapan air yang menyebabkan banjir di Jatinangor saja, manfaatnya harus dirasakan juga,” tuturnya.

Di tempat sama, Yadi Mulyadi selaku Humas PT Dwi dari pelaksana pembangunan cekdam, menyambut baik anggota dewan Sumedang dan rombongan lainnya. Sejauh ini, pihakny masih melakukan pematangan lahan menggunakan alat berat.

“Tentunya kita sebagai pelaksana akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam membangun dam ini,” tukasnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button