Daerah

Jadi Garda Terdepan, Babinsa Wajib Siaga Akan Bencana

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Memasuki musim penghujan, sejumlah kota/kabupaten di tanah air, mulai siaga akan terjadinya bencana. Untuk itu, sejumlah persiapan sudah harus dilakukan sedini mungkin untuk menghindari hal yang tidak diiningkan.

Termasuk di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Jumat (23/10) pagi, dilakukan apel bersama Kodim 0610/Sumedang bersama Polres Sumedang dan Pemerintah Daerah. Apel Kesiap siagaan Terpadu itu, melibatkan juga personel gabungan dari BPBD, Satpol PP, Basarnas, Polhut, anggota sakawira kartika, ormas, paguyuban roda empat serta para relawan di Lapangan Apel Makodim 0610/Sumedang.

Baca Juga :  PJ. Bupati Sumedang Apresiasi Dedikasi TNI-Polri Pahlawan Keamanan Pemilu 2024 Berlangsung Aman dan Kondusif

“Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan apel kesiap siagaan terpadu yang merupakan langkah awal dalam penanggulangan bencana alam guna menyiapkan langkah-langkah dalam setiap penanganan dan penanggulangan bencana,” kata Dandim 0610/Sumedang, Letkol Inf Zaenal Mustofa SE.,M.Si di sela memimpin apel.

Dandim berpesan kepada anggota Babinsa yang merupakan garda terdepan di masyarakat, wajib hukumnya untuk secepatnya melaporkan setiap kejadian bencana. Termasuk berkordinasi dengan unsur terkait. Jika ada indikasi akan terjadinya bencana, Babinsa harus melapor agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Baca Juga :  Satu Rumah Warga Warung Kalde Dilalap Si Jago Merah, Seorang Warga Alami Luka Bakar

“Kita siapkan seluruh anggota kita, terutama seluruh anggota Babinsa kita siagakan untuk mengantisipasi bencana di setiap desa dan seluruh babinsa di Kodim 0610/Sumedang sudah dilengkapi perlengkapan seperti cangkul,singkup,dan perkakas lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi bencana secara cepat,” jelasnya.

Personel gabungan yang dipersiapkan dalam penanggulangan bencana alam ini, diminta untuk selalu membangun koordinasi dan komunikasi serta selalu melihat perkembangan situasi yang terjadi. Sehingga, dapat dilakukan cegah dini dalam mengantisipasi setiap kemungkinan yang terjadi di Kabupaten Sumedang.

Baca Juga :  Antisipasi Perang Sarung, Polres Sumedang Gelar KRYD Tingkatkan Keamanan di Bulan Puasa

“Khusus untuk TNI yang ada di jajaran Kodim 0610/Sumedang, akan mengerahkan seluruh anggotanya untuk kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam dengan pelatan yang sudah melekat dikendaraan roda duanya,dan alat berat yang ada seperti eksavator milik kodim yang selalu siap bergerak setiap saat,” ungkapnya. (**)

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Fajar Nusantara Online (FNO). PT. FNO telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button