Daerah

Tahun Ini, 89 Desa di Sumedang Akan Gelar Pilkades Serentak

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Sebanyak 89 desa di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Tahun 2021 ini.

Karena diperkirakan masih dalam masa pandemi covid-19, pilkades serentak itu akan mererapkan protokol kesehatan yang ketat seusai dengan aturan adaptasi kebiasaan baru (AKB).  

Baca Juga :  Warga Dua Desa Terdampak Pembangunan Tol Cisumdawu Kembali Lakukan Aksi, Geruduk IPP Sumedang

Seperti dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang, Endah Kusyaman. Menurutnya, akan ada ada 89 desa yang akan menggelar pilkades serentak tahun 2021 ini. Dimana untuk tahun 2020 lalu, juga digelar pilkades serentak di 88 desa.

Baca Juga :  Vendor Wedding Kekurangan Tenaga Kerja, ASPEDI Dorong Pemkab Sumedang Adakan Pelatihan

“Yang akan pilkades serentak ini merupakan desa yang kepala desanya habis masa jabatannya pada Tahun 2021. Jumlah itu merupakan hasil pemilihan di Tahun 2015 lalu,” katanya, Minggu (21/2/2021) seperti dilansir dari laman resmi Pemkab Sumedang.

Endah menyebutkan, tahapan pertama pilkades serentak di Tahun 2021 ini, akan dimulai pada bulan Mei mendatang.

Baca Juga :  Warga Dua Desa Terdampak Pembangunan Tol Cisumdawu Kembali Lakukan Aksi, Geruduk IPP Sumedang

Sementara untuk pelaksanaan pilkades serentaknya, direncanakan pada bulan September atau Oktober 2021.

“Kita persiapkan pilkades serentak nanti dengan AKB. Tentunya ini jadi pengalaman kami kedua kalinya setelah pada tahun 2020 juga menggelar pilkades dengan menerapkan AKB,” tuturnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button