Daerah

Tahun Ini, 89 Desa di Sumedang Akan Gelar Pilkades Serentak

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Sebanyak 89 desa di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Tahun 2021 ini.

Karena diperkirakan masih dalam masa pandemi covid-19, pilkades serentak itu akan mererapkan protokol kesehatan yang ketat seusai dengan aturan adaptasi kebiasaan baru (AKB).  

Baca Juga :  Beruntung Lahir di Sumedang, Karena Bayi Baru Lahir Langsung Dapat Empat Dokumen Kependudukan

Seperti dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang, Endah Kusyaman. Menurutnya, akan ada ada 89 desa yang akan menggelar pilkades serentak tahun 2021 ini. Dimana untuk tahun 2020 lalu, juga digelar pilkades serentak di 88 desa.

Baca Juga :  Kang Maman Hadir pada Groundbreaking Gedung Perpustakaan Daerah Sumedang

“Yang akan pilkades serentak ini merupakan desa yang kepala desanya habis masa jabatannya pada Tahun 2021. Jumlah itu merupakan hasil pemilihan di Tahun 2015 lalu,” katanya, Minggu (21/2/2021) seperti dilansir dari laman resmi Pemkab Sumedang.

Endah menyebutkan, tahapan pertama pilkades serentak di Tahun 2021 ini, akan dimulai pada bulan Mei mendatang.

Baca Juga :  Protes Jalan Rusak, Rahmat Juliadi: Ini Baru Menyindir, Dikhawatirkan Besok Lusa Masyarakat Marah

Sementara untuk pelaksanaan pilkades serentaknya, direncanakan pada bulan September atau Oktober 2021.

“Kita persiapkan pilkades serentak nanti dengan AKB. Tentunya ini jadi pengalaman kami kedua kalinya setelah pada tahun 2020 juga menggelar pilkades dengan menerapkan AKB,” tuturnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button