BisnisDaerahEkonomi

PJ. Sekda Sumedang Resmi Buka Festival Tembakau, Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Produksi

FAJARNUSANTARA.COM- Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), resmi membuka Tobacco Festival Sumedang Tahun 2023.

Festival yang berlangsung selama dua hari, tanggal 24-25 November, resmi dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Tuti Ruswati, di Pusat Agrobisnis Tembakau Jl. Pasar Lama No. 13, Desa Tanjungsari, Kecamatan Tanjungsari, Jumat, 24 November 2023.

“Festival ini luar biasa karena bisa menjadi peluang bagi Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Baca Juga :  Produktivitas Pertanian Tembakau di Sumedang Ditingkatkan dengan Bantuan

Ia menuturkan, sektor pertanian Sumedang, sebagai penyumbang PDRB sebesar 20 persen setelah industri pengolahan,

“Diharapkan dapat bersinergi dengan daerah lain melalui festival ini,” kata Tuti kepada wartawan.

Menurut Tuti, Kabupaten Sumedang menawarkan produk unggulan seperti tembakau mole dan tembakau hitam yang sudah dipasarkan hingga ke mancanegara.

“Dengan Festival Tembakau, kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian, mendukung perekonomian Sumedang, terutama dengan aksesibilitas yang cepat melalui Tol Cisumdawu, Bandara Kertajati, dan Pelabuhan,” tambahnya.

Baca Juga :  Langkah Strategis, Bantuan Ternak Tingkatkan Ekonomi Petani dan Buruh Tembakau Sumedang

Tuti melihat Festival Tembakau sebagai upaya meningkatkan daya saing komoditas pertanian Sumedang.

“Kita fokus pada intensifikasi dan ekstensifikasi lahan pertanian, dengan menerapkan inovasi, teknologi, dan penelitian untuk meningkatkan produksi tembakau,” ucap Tuti.

Baca Juga :  Aplikasi Siroleg Senjata Baru Pemerintah Sumedang Lawan Rokok Tanpa Cukai

Sumedang, sebagai kontributor tembakau di Indonesia, termasuk di luar Jawa, seperti Pemalang dan Medan, memiliki pasar yang luas.

Kendati demikian, Pemerintah Daerah berupaya mendukung petani tembakau, baik dari segi regulasi maupun legalisasi, untuk mengurangi tembakau ilegal.

“Festival Tembakau adalah langkah untuk memperluas promosi, termasuk melalui digital marketing dan marketplace, guna meningkatkan daya ekspor,” tambah Tuti.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button