DaerahEkonomi

Ditengah Pandemi, Dusun IV Ganeas Sukses Dirikan Tanaman Pangan Keluarga

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Pandemi covid-19 yang hingga kini masih melanda di tanah air, tidak hanya membawa masalah pada kesehatan masyarakat. Namun juga, berimplikasi luas seperti kelancaran distribusi pangan, terbatasnya akses fisik dan ekonomi terhadap pangan, dan lainnya yang dapat menganggu ketahanan pangan individu, keluarga maupun nasional.

Namun begitu, kondisi ini terus disiasati. Seperti di Dusun IV Desa/Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Yakni dengan mendirikan Taman Pangan Keluarga Dusun IV Ganeas. Kegiatan ini berupa pemanfaatkan lahan kecil untuk bercocok tanam menggunakan polybag.

Baca Juga :  Tutup Rangkaian HJS ke-444 dengan Gelar Malam Resepsi

Pada Desember 2020 lalu, lokasi Taman Pangan Keluarga Dusun IV Ganeas, mendapat peninjauan langsung dari Camat, Sekcam, Kepala Puskesmas, Kapolsek serta Babinsa Ganeas dengan melihat langsung tanaman warga.

Kepala Dusun IV Ganeas, Mamat Rahmat menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memotivasi masyarakat agar gemar bercocok tanam. Hal itu pun dirasanya mulai sukses, mengingat masyarakat di Dusun IV Ganeas, hampir semua memanfaatkan halaman rumahnya untuk bercocok tanam, terutama tanaman sayuran.

Baca Juga :  Sukses Jadi Tuan Rumah MTQ ke 37, RinSo Apresiasi Khafilah Sumedang

“Saya kira, momen ini sangat tepat. Karena saat ini, warga lagi hobi-hobinya bercocok tanam. Bisa bunga atau tanaman yang lainnya seperti sayuran, cengek, dan lain-lain. Saya juga ucapkan rasa terima kasih kepada Pak RT Ode Mulyadi dan Bapak Dana yang telah mebuat paratag taman ini,” katanya kepada Fajarnusantara.com.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Ganeas, Raip Hidayat sangat mengapresiasi ide yang dilaksanakan Kepala Dusun IV Ganeas. Kades juga berharap, kegiatan ini dapat dicontoh oleh dusun-dusun yang lainnya.

Baca Juga :  Pawai Ta'aruf Akan Meriahkan MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat, Catat Waktu dan Tempatnya !!!

“Tetunya, agar masyarakat Ganeas, semuanya bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk bercocok tanam,” harap kades.

Masih di tempat yang sama, tokoh masyarakat yang juga  Ketua Ganeas Seniman Bonsai (GASSEBO) Mang Ute ikut mengatakan hal sama. Menurutnya, ide bagus seperti itu harus disebarkan seperti virus.

“Karena sangat menguntungkan, bukan hanya untuk pribadi, tapi dapat memperindah halaman rumah dengan tanaman, bahkan bisa dijadikan penghasilan tambahan keluarga,” tukasnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button