Nasional

Waspada Penipuan Pesan Berantai Prakerja, Louisa: Online Hanya Melalui Situs Resmi

FAJARNUSANTARA.COM, JAKARTA – Sejak Minggu (11/10) pagi pesan berantai di berbagai grup percakapan Aplikasi WhatsApp terkait program prakerja bermunculan. Dimana pada pesan ini berisikan mengenai bantuan Rp 600.000 dari pemerintah melalui program Kartu Prakerja.

Anehnya, alamat situs yang tertera berbeda dengan laman resmi penyelenggara program Kartu Prakerja. Dalam pesan, pelamar diarahkan untuk mengunjungi situs prakerja.vip

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menegaskan bahwa pada pesan yang beredar itu tidak benar adanya atau hoax. Sebab alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id.

“Jelas itu penipuan. Kami tidak akan segan untuk membawanya ke ranah hukum bila ittu masih berlangsung,” ujarnya seperti dikutip kompas.com.

Louisa juga mengimbau masyarakat agar tidak memberikan informasi data pribadi. Seperti NIK, nomor KK alamat email, nomor HP atau data pribadi yang lainnya. Sebab di luar dari situs resmi yang disediakan, itu merupakan penipuan.

“Yang daftar online hanya melalui situs Kartu Prakerja yang resmi di www.prakerja.go.id. Sementara untuk yang offline dapat mendaftarkan diri melalui kantor Kementerian Ketenagakerjaan atau pemerintah daerah khususnya Dinas Ketenagakerjaan,” tukasnya.

Seperti diketahui, pesan hoax yang beredar itu berisikan sebagai berikut:

Daftar Prakerja Sekarang

Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya

yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Bantuan akan dikirim setiap bulan selama program ini berjalan

Langkah untuk mendaftar Prakerja

⚫ Kunjungi situs https://prakerja.vip

⚫ Isi formulir data diri

⚫ Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

⚫ Bantuan akan dikirim melalui rekening bank

harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan

https://prakerja.vip . (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button