Daerah

Giliran Desa Cimungkal Disuplai Air Bersih Oleh Rumah Zakat

FAJARNUSANTARA, SUMEDANG – Rumah Zakat, kembali menyalurkan bantuan air bersih untuk warga yang lingkungannya mengalami krisis air. Kali ini, bantuan tersebut disalurkan di Dusun Ciledug meliputi RT 02 RW 03 dan RT 03 RW 04 Desa Cimungkal Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, Sabtu (19/9).

Desa Cimungkal ini, merupakan wilayah yang pernah mengalami kekeringan di Tahun 2019 lalu. Warga Dusun Ciledug ini, megambil air sungai untuk keperluan memasak, minum dan berwdhu.

Namun untuk Tahun 2020 ini, air bersih untuk Desa Cimungkal masih dalam tahap aman, hal itu dibuktikan Relawan Inspirasi Rumah Zakat, Wawan Kuswendi yang datang kelapangan. Dia berkoordinasi bersama Aparat Desa Cimungkal serta berdialog bersama tokoh, bahwa sejauh ini debit air masih aman.

“Namun saya belum mengetahui daerah mana yang debit airnya mulai menurun. Tapi ada keluhan keluhan dari warga di RW 03 RT 02 Dusun Ciledug, yang menyatakan bahwa masyarakat harus turun ke kali dan mata air untuk mendapatkan air bersih. Besar harapan warga mempunyai air bersih namun airnya ada di tempat Warga RT 02  RW 03,” ujar Lalan selaku Kepala Dusun Margaluyu.

Di tempat sama, Ketua RW 03, Aceng mengucapkan rasa terimakasih kepada Rumah Zakat sudah banyak membantu warga RW 03. Menurutnya, sinergi rumah zakat begitu nyata dan terasa dirasakan warga RW 03

“Allhamdulillah masjid kami yang ada di Ujungjaya mendapatkan sarana air bersih, sampai saat ini masjid memiliki fasilitas pengairan yang normal, padahal untuk berwudhu saja kami dan para jamaah harus wudhu di sungai. Adapun perihal air bersih Tahun 2020 ini, saya melihat mata air masih aman, kecuali Cilimus,” sebutnya.

Hal senada diungkapkan Ketua RW 04 Dusun Ciledug, Supriadi. Rumah Zakat, selalu hadir ketika masyarakat sudah mulai kesulitan terhadap fasilitas yang bersipat umum. Terutama sarana air bersih dan juga masjid. Bahkan, kata dia, banyak kegiatan masyarakat yang banyak diinisiatori relawan inspirasi Rumah Zakat, seperti kajian pekanan, gerakan subuh berjamaah dan juga rumah baca.

“Juga relawan inspirasi sudah ikut memantau pelaksanaan bansos juga selama Covid. Ini sangat bermanfaat dan masyarakat begitu terbantu. Adapun untuk warga RT 03 khususnya Cangcanghyam belum bisa mendapatkan fasilitas air yang memadai melalui pemerintah, dikarenakan anggaran saat ini belum ada khusus untuk pembangunan, karena focus pada bantuan Covid,” jelasnya.

Adanya bantuan itu, disambut baik juga tokoh pemuda Desa Cimungkan, Anda. Menurutnya, kehadiran relawan inspirasi dan sinerginya, membuat masyarakat heran dan kagum, karena sinerginya nyata bersama masyarakat

“Dan juga kami bukan kali ini aja mendaptkan bantuan Rumah Zakat. Semoga Rumah Zakat lebih berkah dan menjangkau daerah yang terpencil seperti kami, bahkan akses jalan pun sangat sulit,” tukasnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button