DaerahSosial

Semringah, Warga Kampung Ciduging Sambut Hadirnya Wakaf Sumber Air dari Rumah Zakat

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Ketersediaan air bersih di beberapa wilayah Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, masih menjadi persoalan tatkala musim kemarau. Seperti halnya di Kampung Ciduging Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja. Kemarau di Tahun 2020, kebutuhan air mendesak akibat sumber-sumber airnya banyak yang mengering.

Meski sudah memasuki musim penghujan di akhir 2020 ini, Rumah Zakat tetap hadir memberikan bantuan berupa Wakaf Insfrastruktur Sumber Air Bersih. Warga Kampung Ciduging Desa Tarunajaya  bisa melakukan persiapan keperluan air bersih dalam jangka panjang melalui program itu.

Salah seorang Relawan Inspirasi Rumah Zakat, Nandar Sutisna menyebutkan, Wakaf Insfrastruktur Sumber Air Bersih ini dibangun pada November 2020 kemarin di depan Posyandu Dusun Ciduging. Walaupun tidak membangun sumur yang  baru, namun dengan memperdalam dan memperbaiki sumur yang ada serta menambah fasilitas penarik air dan penampungnya, diharapkan dapat menjadi salahsatu solusi menghadapi krisis air yang kerap terjadi di Kampung Ciduging.

Baca Juga :  Meriahkan HUT Jatos Ke-16, Ustadz Evi Effendi Hadir Hipnotis Pengunjung

“Wakaf Insfrastruktur Sumber Air di Desa Tarunajaya dilengkapi dengan pompa air jenis submersible serta dibuat menara torn air dengan kafasitas 1.050 Liter. Semoga kedepan, dimasa kemarau tiba, dapat menjadi solusi dalam penanganan krisis air bersih yang kerap terjadi setiap tahunnya,” katanya kepada Fajarnusantara, baru-baru ini.

Baca Juga :  Warga Desa Sindanggalih Sumringah Terima Bansos

Di tempat sama, LPM Desa Tarunajaya, Dede mengaku bersyukur mendapatkan bantun itu. Dengan begitu, warganya akan memiliki sumber air dengan debit  yang baik.

“Apalagi dilengkapi juga sarana dan prasarana yang menunjang, akan sangat mempermudah warga untuk mengambil air,” katanya.

Hal senada diungkapkan para warga setempat. Mereka mengucapkan rasa terima kasih kepada Rumah Zakat atas Wakaf Insfrastruktur Sumber Airnya.

“Sekarang warga tidak harus mencari air jauh-jauh ke lembah dan tidak harus nimba. Tinggal puter kran, airnya langsung mengalir,” uangkapnya.

Dengan adanya Wakaf Insfrastruktur Sumber Air di Desa Tarunajaya ini, menarik antusias warga sekitar. Sejumlah warga turut bergotong-royong dalam pembangunannya.

Baca Juga :  Gelar Digital Expo, Sumedang Siap Hadapi Tantangan Global

“Saya atas nama Pemerintahan Desa Tarunajaya serta mewakili masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah memberikan bantuan Wakaf Insfrastruktur Sumber Air Bersih kepada kami, semoga Rumah Zakat semakin sukses. Amiin,” ungkap Sekretaris Desa Tarunajaya, Endang.

Endang juga mengimbau kepada, warga agar turut menjaga bersama Wakaf Insfrastruktur Sumber Air ini dengan baik.

“Mohon masyarakat turut mengelolanya dengan baik, sehingga airnya dapat bermanfaat untuk jamaah dan masyarakat. Semoga kedepannya, dengan adanya sumber air ini tidak kesulitan lagi dalam kebutuhan air bersih,” tutupnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button