DaerahPeristiwa

Dampak Cuaca Ekstrem, Akses di Desa Bongkok Tertutup Longsor

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Dampak hujan dengan intensitas tinggi pada Rabu (2/12) siang hingga malam, menyebabkan tebing setinggi tiga meter ambruk hingga menutup jalan. Kejadian itu terjadi di RT 32 RW 08 Dusun Babakan Kondang Desa Bongkok Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang, sekitar pukul 20.50 WIB.

Tokoh masyarakat Desa Bongkok, Otong menyebutkan, tebing yang longsor itu disertai rungkun bambu. Longsoran tebing itu, panjangnya kurang lebih mencapai enam meter. Dampaknya, akses warga menuju jalan utama Bandung-Cirebon tertutup sementara.

Baca Juga :  Rakor Tagana Sumedang, Kuatkan Sinergitas Antar Tagana

“Ada laporan dari bu Kokom yang rumahnya dekat dengan lokasi, ada longsor hingga menutup jalan,” katanya kepada Fajarnusantara.com, Kamis (3/12).

Dari kondisi ini, Otong dan warga lainnya, berharap kepada pemerintah agar ada bantun untuk membuat tembok penahan tebing (TPT).

Baca Juga :  Tanah Amblas, Dua Warung di Cigendel Tergerus, Kerugian Capai 100 Juta

“Agar kejaga juga jalannya, tidak sampai ketutup. Ini jadi licin, harus disemprot air sampai bersih (jalannya),” harapnya.

Kendati demikian, material tanah longsoran itu langsung diberihkan oleh masyarakat setempat yang dibantu anggota Tagana Sumedang, TNI beserta Polri.  

Ditemui terpisah, Ketua Tagana Kabupaten Sumedang, Ade Wahyu mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai cuaca ekstrem. Begitu juga kepada para anggota Tagana di tingkat kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang, diharap terus melaporkan situasi wilayah masing-masing.

Baca Juga :  Saat Ditemukan di Sungai Cimanuk, Ibu Kakak Aira Berada di Sumedang

“Melihat cuaca semalam memang hujan keliatan ekstrem. Mudah-mudahan tetap aman terkendali,  dan terima kasih kepada rekan-rekan yang sudah melaporkan dan ada di lapangan. Tetap koordinasi, tetap semangat, tetap waspada dan jaga kondisi. Semoga semua dilindung dan diberikan kekuatan oleh Allah SWT, amiin,” pungkasnya. (ddi)

Selengkapnya
Back to top button