HiburanNasional

DKI Jakarta Mulai Persiapkan Usaha Karaoke Buka di Tengah Pandemi

FAJARNUSANTARA.COM, JAKARTA – Pembukaan kembali usaha karaoke di tengah pandemi Covid-19, nampaknya tengah disiapkan Pemprov DKI Jakarta. Dan saat ini, Pemprov DKI masih memantau persiapan sejumlah pengelola usaha karaoke.

“Sifatnya melihat persiapan dan kesiapan pengelola usaha karaoke,” kata Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Bambang Ismadi saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (9/3/2021) seperti dikutip dari Kompas.com.

Kendati demikian, ada beberapa kriteria yang harus dijalankan pengelola usaha karaoke. Dan permintaan itu tertuang dalam Surat Edaran Disparekraf DKI Nomor 64/SE/2021 tentang Persiapan Pembukaan Kembali Usaha Karaoke di Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga :  Tegas, PKS Menolak Kenaikan Harga BBM Karena Masih Proses Pemulihan Dampak Covid-19

Pada poin pertama, usaha karaoke sedang dipersiapkan untuk dibuka kembali di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dengan mengajukan permohonan pembukaan kembali usaha karaoke ke Tim Gabungan melalui Disparekraf DKI Jakarta.

Kemudian pada poin kedua, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi pengelola usaha karaoke. Seperti membuat surat permohonan di dalamnya terdapat pernyataan kebenaran dan keabsahan dokumen dan data di atas kertas bermaterai Rp 10.000.

Baca Juga :  Seorang Warga Tanjungsari Meninggal Dunia Dengan Postif Covid-19, Masyarakat Diminta Jaga Prokes

Selanjutnya, melampirkan identitas pemohon atau penanggung jawab, untuk WNI dengan KTP dan Kartu Keluarga dan untuk WNA Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) atau VISA/Paspor. Selanjutnya melampirkan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) yang masih berlaku. Melampirkan protokol kesehatan secara ketat sesuai dengan kondisi dan kapasitas tempat usaha. Dan terakhir mempersiapkan pembentukan Tim Satgas Covid-19 internal pada tempat usaha.

Baca Juga :  Tegas, PKS Menolak Kenaikan Harga BBM Karena Masih Proses Pemulihan Dampak Covid-19

Bambang menyebutkan, tekait rencana ini, Disparekraf DKI masih belum menentukan waktu pembukaan untuk usaha karaoke. Meskipun, bila tempat usaha tersebut sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan Disparekraf, karena masih dalam tahap persiapan.

“Yang sudah memenuhi kriteria, masih harus menunggu waktunya. Jadi ketika dibuka, semua sudah siap dengan protokolnya,” tukasnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button