KesehatanNasional

Didukung Kemenkes, Vaksin Nusantara dalam Tahap Penelitian di Semarang

FAJARNUSANTARA.COM, JAKARTA – Vaksin Nusantara tengah dikembangkan tim peneliti di Semarang. Saat ini tim masih berada dalam tahap penelitian.

Seperti dikatakan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmidzi. Menurutnya, Kemenkes mendukung pengembangan vaksin ini.

“Kemenkes mendukung pengembangan terapi (Vaksin Nusantara). Ini masih area penelitian. Masih mau masuk uji klinis,” ujarnya, Jumat (19/2/2021) seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga :  Tegas, PKS Menolak Kenaikan Harga BBM Karena Masih Proses Pemulihan Dampak Covid-19

Seperti diketahui, saat ini Indonesia tengah mengembangkan vaksin yang disebut dengan Vaksin Nusantara. Vaksin ini dikenal juga dengan nama AV-Covid-19 yang dikembangkan melalui kerja sama antara Kemenkes, RSUP dr Kariadi Semarang, dan Universitas Diponegoro (Undip).

Baca Juga :  Seorang Warga Tanjungsari Meninggal Dunia Dengan Postif Covid-19, Masyarakat Diminta Jaga Prokes

Vaksin ini juga telah melalui uji klinis tahap pertama dan tengah memasuki uji klinis tahap kedua. Termasuk vaksin Nusantara ini, bersifat personal menyesuaikan kondisi komorbid setiap individu.

“Prosesnya simpel, mengalami inkubasi dan seminggu kemudian sudah menjadi vaksin individual dan disuntikkan kedalam tubuh si pasien penerima vaksin dan pembuat vaksin itu sendiri. Dampaknya apa, tentu akan memberikan kekebalan terhadap Covid-19, karena ini sifatnya menjadi imunitas yang seluler, tentunya akan bertahan lama,” ujar mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto pada Rabu (17/2/2021) lalu. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button