DaerahEkonomi

Bertahan di Tengah Pandemi, UMKM Sumedang Go Digital

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Pemerintah Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, terus mendorong para perajin Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus berkembang. Utamanya, agar bisa mengakses pasar yang lebih luas lagi dari sebelumnya.

Hal ini, diwujudkan dengan digelarnya kegiatan UMKM Sumedang Go Digital di lingkungan IPP Kabupaten Sumedang, Sabtu (10/4/2021) kemarin. Dimana, ada sebanyak 500 pelaku UMKM Sumedang, akan dilatih, dibina hingga nantinya dimasukan dalam sebuah platform digital untuk pemasaran setiap hasil produk UMKM yang diproduksi para perajin.

Baca Juga :  Protes Jalan Rusak, Rahmat Juliadi: Ini Baru Menyindir, Dikhawatirkan Besok Lusa Masyarakat Marah

“Melalui UMKM Sumedang Go Digital ini, kita berharap hasil produk para perajin UMKM  agar laku di pasaran yang lebih luas lagu. Nantinya, ini dapat meningkatkan pendapatan sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan, utamanya bagi masyarakat di Kabupaten Sumedang. Apalgi saat ini dalam masa pandemi covid-19, UMKM masih bertahan dan peru terus digeliatkan,” katanya.

Baca Juga :  Beruntung Lahir di Sumedang, Karena Bayi Baru Lahir Langsung Dapat Empat Dokumen Kependudukan

Hal sama disampaikan Beri selaku perwakilan dari Kementerian Koperasi dan UMKM. Pihaknya sangat mendukung hasil produksi UMKM Sumedang masuk dalam PROGRAM yang digagas Pasar Digital atau PaDI UMKM. Program ini, didirikan PT Telkom Group bersama Kementerian BUMN  yang akan membuka akses pasar yang luas bagi para pelaku UMKM di Sumedang.

“Tentunya ini semua perlu didorong juga dari semua pihak, termasuk dari kami Kementerian Koperasi dan UMKM serta ikhtiar juga dari Pemkab Sumedang. Kita juga ketahui bersama, di tengah pandemi ini, UMKM terus bertahan. Maka ini perlu untuk dikembangkan,” tuturnya.

Baca Juga :  Kang Maman Hadir pada Groundbreaking Gedung Perpustakaan Daerah Sumedang

Dalam kegiatan ini, selain butapi hadir juga dari PaDi UMKM, Direktur Digital Bussines PT. Telkom, Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo, Ketua Umum YMIE, PT. Pos Indonesia, Kementerian Koperasi dan UMKM serta yang lainnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button