DaerahPendidikan

SMKN 1 Sumedang, Raih Medali Emas Pada FLS2N Tingkat Nasional Tahun 2020

FAJARNUSANTARA, SUMEDANG – Lagi-lagi, SMKN 1 Sumedang Provinsi Jawa Barat, menorehkan prestasi yang gemilang. Melalui Jurusan Seni Karawitan, SMKN 1 Sumedang itu berhasil meraih Medali Emas pada Kategori Penyaji Terbaik bidang lomba Musik Tradisi Daerah pada kegiatan FLS2N Tingkat Nasional Tahun 2020.

Kemenangan itu, diraih SMKN 1 Sumedang pada acara penutupan FLS2N Tahun 2020 yang disiarkan melalui Channel Youtube Pusat Prestasi Nasional pada Sabtu (3/10) malam. Dimana pada lomba Musik Tradisi Daerah pada kegiatan FLS2N Tingkat Nasional Tahun 2020 itu, digelar secara daring.

Torehan prestasi itu, didapat SMKN 1 Sumedang yang sebelumnya ikut seleksi di tingkat Provinsi Jawa Barat. Mereka berhasil meraih juara 1 pada gelaran event FLS2N jenjang SMK Tahun 2020, dengan menyajikan karya yang berjudul “Tulung Lutung”.

karya itu, merupakan hasil kreatifitas dari tim guru pembimbing di jurusan karawitan SMKN 1 Sumedang. Diantaranya Adi Kurniawan, S.Pd., M.Hum, Wendi Kardiana, S.Sn dan Taufik Candiansyah, S.Sn.

Menurut Adi Kurniawan, S.Pd., M.Hum, penyajian musikalitas pada kegiatan F2LSN Tahun 2020 itu, dimainkan lima siswa jurusan seni karawitan SMKN 1 Sumedang. Diantaranya Bhisma Raka Nalendra, Fajar S. Maulana, Fikri Ikhsan Nurhakim, Ghany Rizki Maulana dan Ihsan Fauzi.

“Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan FLS2N di Tahun 2020 ini, sangat berbeda karena dilaksanakan secara daring. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat tim dan para siswa untuk tetap menampilkan yang terbaik.

“Kami tetap berusaha menjaga semangat berkarya di tengah pandemi. Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan dari setiap provinsi di Indonesia, SMKN 1 Sumedang berhasil mengungguli peserta dari provinsi lain, setelah diumumkannya kejuaraan pada malam puncak penutupan FLS2N tingkat nasional yang disiarkan secara langsung melalui Youtube Puspresnas. Raihan tersebut menjadi puncak prestasi tertinggi jenjang SMK bagi Jurusan Seni Karawitan SMKN 1 Sumedang,” tukasnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button