BisnisEkonomi

PLN Siap Penuhi Lonjakan Permintaan Listrik Untuk Dukung Akselerasi KBLBB

FAJARNUSANTARA.COM,- PT PLN (Persero) menegaskan komitmennya untuk mendukung penuh akselerasi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia.

Perusahaan ini siap memenuhi kebutuhan listrik dengan ketersediaan dan keandalan yang tinggi serta mempersiapkan infrastruktur penunjang yang dibutuhkan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pengembangan ekosistem KBLBB sebagai sektor strategis dengan potensi pengembangan yang berkelanjutan, mempercepat inovasi, dan mengurangi emisi karbon.

Baca Juga :  PLN dan Polres Sumedang Bersinergi, Listrik Tetap Nyala di Bulan Suci Ramadan

Pemerintah memberikan berbagai insentif untuk mempercepat terbentuknya pasar KBLBB sehingga dapat bersaing dengan negara lain.

Dalam hal ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah memberikan insentif perpajakan dengan memberikan fiskal memperkuat KBLBB dengan tax holiday hingga 20 tahun,

Baca Juga :  PLN Mobile Proliga 2024, Ajang Persiapan Atlet Kelas Dunia

Super deduction hingga 300 persen untuk penelitian dan pengembangan, PPN dibebaskan atas impor dan perolehan barang modal berupa mesin dan peralatan pabrik untuk industri kendaraan bermotor.

PLN siap menjalin kolaborasi dengan berbagai mitra demi mempercepat ekosistem kendaraan listrik.

Saat ini, perusahaan ini telah membangun 616 unit SPKLU, 1.056 unit SPBKLU dan 6.705 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk mendukung kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik.

Baca Juga :  Srikandi PLN UP3 Sumedang Ajak International Green School Outing, Dukung Pendidikan

PLN juga menyediakan platform digital pendukung yaitu Electric Vehicle Digital Services (EVDS) pada aplikasi PLN Mobile untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi tentang layanan pengisian daya kendaraan listrik.

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button