Politik

Ketua Panwaslu Situraja, Netralitas ASN dan Kades Harus Jadi Pioritas Pemilu Serentak

FAJARNUSANTARA.COM- Tahapan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dimulai, dan Panwaslu Kecamatan Situraja, Sumedang, Jawa Barat, mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi proses pemilu. Ketua Panwaslu, Cecep Setiawan, pada Selasa (28/11/2023), menyoroti kerawanan netralitas ASN, Kades, dan perangkat Desa.

“Kami mengajak semua elemen masyarakat melaporkan potensi pelanggaran terkait ketidaknetralan ASN, Kades, dan perangkatnya kepada pihak Bawaslu tingkat Desa, Kecamatan, maupun Kabupaten,” ungkap Cecep.

Baca Juga :  Ketua Panwaslu Ujungjaya: Logistik Pemilu Harus Tepat dan Efisien

Ia menekankan bahwa ASN, Kades, dan perangkat Desa harus menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis. “Kami tegaskan sekali lagi, baik ASN, Kades, dan perangkatnya harus netral,” tegasnya.

Cecep juga menekankan pentingnya pemantauan terhadap Alat Peraga Kampanye (APK), karena pemasangan yang tidak sesuai aturan dapat menjadi potensi pelanggaran pemilu.

Baca Juga :  Ketat! Panwaslu Kecamatan Tanjungsari Perkuat Pengawasan Logistik Pemilu

“Potensi pelanggaran pemilu juga bisa terjadi jika pemasangan APK tidak sesuai aturan,” tambahnya.

Panwaslu Situraja memiliki strategi pengawasan kampanye, termasuk pencegahan dan penindakan.

“Pencegahan terhadap potensi pelanggaran dilakukan dengan tindakan, langkah-langkah, dan upaya optimal mencegah dini. Penindakan dilakukan secara cepat dan tepat terhadap temuan atau laporan dugaan pelanggaran pemilu,” pungkas Cecep.**

Baca Juga :  Pemilu 2024: Panwaslu Ujungjaya Ingatkan Partai Politik Soal Pemasangan Alat Peraga

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button