Peristiwa

Guru Pemberani, Rizal Firdaus Selamatkan Keluarga Dari Terjangan Angin Tornado

FAJARNUSANTARA.COM – Rizal Firdaus (23) tak menyangka akan menjadi korban angin puting beliung yang melanda wilayah Jatinangor pada Rabu lalu (21/2/24) Rumahnya di Dusun Citanggulun RT. 03 RW. 04 Desa Cintamulya rusak parah akibat kejadian tersebut.

Rizal, yang baru saja pulang dari mengajar di SMP Muhammadiyah Jatinangor, menceritakan momen menakutkan saat bencana itu terjadi. Jumat 22 Februari 2024.

“Saya baru sampai rumah tiba-tiba mendengar gemuruh, kaca rumah pecah, rumah serasa terangkat, atap rumah berserta perabotan terbawa naik. Saya tiarap sambil berpegangan,” ujarnya kepada fajarnusantara.com melalui pesan WhatsApp.

Baca Juga :  Pj. Bupati Herman Suryatman Tinjau Langsung Kerusakan Irigasi Kedung

Meski rumah hancur, Rizal bersyukur keluarganya selamat. “Saya sudah pasrah, yang penting keluarga. Alhamdulillah keluarga aman dan selamat. Setelah kejadian kami langsung keluar rumah,” tambahnya.

Selain menjadi guru, Rizal juga merupakan anggota Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang aktif dalam penanggulangan bencana. Dia sering turun langsung dalam berbagai bencana di Jawa Barat.

“Hampir setiap bencana saya bersama MDMC Sumedang selalu hadir, saya dan tim selalu menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana. Kami melayani dari mulai asesmen hingga pembangunan rumah permanen dan pemulihan ekonomi,” paparnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Sumedang: Acara Pembinaan Pertanian, Peluang Besar Majukan Ekonomi dan Pariwisata

Namun, kali ini Rizal merasakan dampak langsung bencana tersebut pada dirinya sendiri. “Biasanya saya yang menolong, sekarang dengan sedih MDMC dan para relawan yang membantu saya. Tidak terpikir untuk terjadi dengan diri saya pribadi,” ujarnya dengan nada sedih.

Sekretaris MDMC Sumedang, Maman Koswara atau yang akrab di sapa Kang Mako, juga turut berduka cita atas kejadian tersebut.

Baca Juga :  Aneh Tapi Nyata, Primata Terancam Punah, Ditemukan Warga Sumedang

“Kami ikut berbelasungkawa atas musibah yang menimpa relawan Muhammadiyah saudara Rizal dan semua keluarga yang rumahnya terkena dampak bencana angin puting beliung. Semoga sabar, dan rumahnya cepat kembali diperbaiki,” ungkapnya.

Maman Koswara juga mengajak rekan-rekan relawan untuk bersatu membantu saudara mereka yang terkena musibah agar bisa kembali beraktivitas seperti biasa dan rumah mereka dapat segera ditempati.**

Langga Kusumah

Langga Kusumah mengawali karirnya sebagai seorang jurnalis dimulai sejak berdirinya Fajar Nusantara. Aktif sebagai wartawan Fajar Nusantara dengan konten khusus yang bersifat inspiratif. Mengangkat potensi dan ide-ide kreatif yang ada di Kabupaten Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button