BisnisDaerahEkonomiPemerintahan

Deteksi Rokok Ilegal Diperketat, Satpol PP Sumedang Maksimalkan Peran Mitra Tibum Tranmas

FAJARNUSANTARA.COM- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumedang bersiap memperkuat deteksi rokok ilegal dengan memanfaatkan mitra tibum tranmas di seluruh wilayah. Selasa 20 Februari 2024.

Sekretaris Satpol PP Kabupaten Sumedang, Deni Hanafiah, mengungkapkan bahwa mitra tibum tranmas telah dilatih pada tahun 2023 dan akan kembali diberikan pembinaan guna meningkatkan efektivitasnya.

Baca Juga :  Masjid Arrohman, Mekargalih Jadi Sorotan, Program Taraweh Keliling Pemerintah Sumedang

Deni menjelaskan bahwa melalui pembinaan tersebut, diharapkan mitra tibum tranmas dapat menjadi agen perubahan dalam mengungkap peredaran rokok ilegal di Kabupaten Sumedang. Mereka akan memberikan informasi kepada Satpol PP jika menemukan aktivitas peredaran rokok ilegal di sekitarnya.

“Mitra tibum tranmas telah dipersiapkan dengan pengetahuan tentang ciri-ciri rokok ilegal, sehingga mereka dapat mengenali dan melaporkan keberadaannya,” ungkap Deni.

Baca Juga :  Ismet Suparmat: Haturnuhun Prof. Sadu Wasistiono Atas Studi Kelayakan KPJ, Tantangan Bagi Pemkab Sumedang

Lebih lanjut, Deni menjelaskan bahwa mitra tibum tranmas terdiri dari anggota Satpol PP Kecamatan, perwakilan pemerintah desa, dan tokoh masyarakat.

“Mereka tidak hanya bertugas dalam pengawasan terhadap rokok ilegal, tetapi juga diharapkan dapat mengawasi penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di Sumedang,” tambahnya.

Baca Juga :  Bappenda Rilis Gebrakan Baru, Raperbup Pajak Daerah dan Retribusi Dikebut!

Deni menekankan bahwa jika mitra tibum tranmas menemukan peredaran rokok ilegal atau penyalahgunaan dana DBHCHT, mereka dapat melaporkannya melalui aplikasi Siroleg, yang merupakan platform pelaporan rokok ilegal.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan pengawasan terhadap rokok ilegal serta penggunaan dana DBHCHT secara efektif dan tepat sasaran di Kabupaten Sumedang.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button