DaerahPemerintahan

Perbaikan Bendung Cariang Dibahas dalam Pertemuan Antara Pemerintah Daerah dan Ditjen SDA

FAJARNUSANTARA.COM- Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang terus berjuang untuk memperbaiki Bendung Cariang yang telah beberapa kali jebol karena banjir bandang. Selain meminta bantuan dari Pemprov Jabar, Pemkab Sumedang juga telah mengajukan permohonan bantuan kepada Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

Dalam pertemuan yang dilakukan oleh Pj. Bupati Sumedang, Herman Suryatman, bersama Sekretaris Ditjen Sumber Daya Air Airlangga Mardjono di Kementerian PUPR pada Selasa (20/2/2024),

Baca Juga :  Sahabat Bang Ara, Ledakan Dukungan Prabowo Gibran Alun Alun Sumedang Bergemuruh

dibahas upaya perbaikan Bendung Cariang yang sangat vital untuk mengairi 1.603 hektare sawah di 6 desa di Kecamatan Ujungjaya. Selama tiga tahun, bendung ini belum diperbaiki secara permanen, sehingga petani terpaksa membuat tanggul darurat untuk mengatasi masalah tersebut.

Herman menjelaskan bahwa jebolnya Bendung Cariang telah mengakibatkan dampak yang signifikan bagi 1.603 hektare sawah yang dikelola oleh sekitar 5.000 petani.

Baca Juga :  Aksi Spektakuler Satpol PP Sumedang Jelang Ramadhan, Sita Ratusan Miras di Sejumlah Lokasi

“Kami telah berupaya menangani situasi darurat dengan pembuatan tanggul, namun ini hanya solusi sementara. Para petani kami terlantar setiap musim karena ini,” ungkapnya.

Namun, dalam pertemuan tersebut, Ditjen SDA Kementerian PUPR menyatakan kesediaannya untuk membantu memperbaiki Bendung Cariang pada tahun 2024 ini.

Sekretaris Ditjen Sumber Daya Air, Airlangga Mardjono, menegaskan komitmen pihaknya untuk mendukung perbaikan Bendung Cariang.

Baca Juga :  Pembinaan Kesekretariatan Panwaslu, Tingkatkan Kesiapan Pemilu Tahun 2024

“Kami akan berupaya keras untuk menyelesaikan perbaikan Bendung Cariang. Meskipun kewenangan utamanya ada pada Pemprov Jabar, kami akan berkolaborasi agar perbaikan ini selesai tahun ini,” katanya.

Diharapkan dengan bantuan dan kerjasama antara pemerintah daerah dan Ditjen SDA Kementerian PUPR, perbaikan Bendung Cariang dapat segera terealisasi, dan para petani dapat kembali menggarap lahan mereka dengan aman dan produktif.*

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button