Politik

Yayan Sofyan Ketua Panwaslu Pamulihan Ajak Masyarakat Awasi Pemilu 2024

FAJARNUSANTARA.COM- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pamulihan resmi menyelenggarakan Press Release untuk memperkuat pengawasan tahapan Pemilihan Umum 2024, khususnya dalam menjamin kelancaran masa kampanye.

Acara dihadiri oleh para ASN di lingkungan Kecamatan Pamulihan, awak media, dan stakeholder lainnya.

Ketua Panwaslu Pamulihan, Yayan Sofyan, S.Pd.I, dalam konferensi pers di kantor Panwaslu, menekankan pentingnya menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) selama masa kampanye. ASN memiliki peran strategis dalam menjaga integritas dan keadilan dalam proses demokrasi.

Baca Juga :  Bawaslu Sumedang Gelar Rakor, Bahas Pengawasan Logistik Pemilu Tahun 2024

“Dalam rangka menjaga transparansi dan keberlangsungan demokrasi, kami, Panwaslu Pamulihan, menegaskan komitmen untuk melibatkan dan memastikan netralitas ASN selama masa kampanye Pemilu 2024,” ujarnya pada Selasa (28/11), didampingi Kepala Sekretariat Rukmana dan anggota Panwaslu Ruhiat serta Misbahul Anwar.

Yayan menambahkan bahwa langkah ini bukan hanya untuk memastikan kesetaraan di antara peserta pemilu, tetapi juga untuk mencegah pelanggaran etika dan aturan yang dapat merugikan proses demokrasi.

“Panwaslu Pamulihan mengajak seluruh masyarakat dan peserta pemilu untuk bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi,” katanya.

Baca Juga :  Mitigasi TPS Rawan Langkah Cermat Bawaslu Sumedang

Ia menegaskan keterlibatan aktif masyarakat dalam pengawasan agar proses pemilu berlangsung dengan adil dan transparan.

“Press Release ini menjadi langkah awal Panwaslu Pamulihan dalam membangun kesadaran dan keterlibatan semua pihak dalam menjaga integritas Pemilu 2024,” ungkapnya.

Yayan berharap, dengan sinergi antara pihak terkait dan masyarakat, Pemilu 2024 dapat menjadi contoh demokrasi yang sehat dan berkelanjutan.

Baca Juga :  Logistik Pemilu Jatinangor, 8 Kotak Suara Form C DPRD Belum Disegel

Dia menjelaskan bahwa Panwascam Pamulihan telah melakukan pengawasan tahapan Pemilu 2024, mulai dari pelantikan penyelenggara pemilu, pengawasan coklit, hingga pengawasan tahapan kampanye.

“Selain itu, kami juga melakukan pengawasan dari awal Verifikasi Faktual, Parpol Peserta Pemilu, Verifikasi Faktual Calon DPD RI, Pengawasan Daftar Pemutahiran, dan penyusunan Data Pemilih, melakukan Koordinasi dengan FORKOPINCAM serta PPK, Berkoordinasi Pemerintahan Daerah Se-Kecamatan Pamulihan, Sosialisasi Perihal Netralitas TNI, POLRI, dan ASN, Aparatur Desa,” tandasnya. **

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button