DaerahEkonomi

Pengurus Poktan Cikiray yang Baru Siap Bersinergi dengan Pemdes Ganeas

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Kelompok tani (poktan) Cikiray Desa/Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, Kamis (8/10), menggelar musyawarah pemilihan pengurus baru. Kegiatan yang dilakukan di area Sawah Cikiray itu, dalam revitalisasi kepengurusan poktan sekaligus informasi kartu tani.

Hasil musyawarah itu, menghasilkan nama-nama dalam struktur kepengurusan Poktan Cikiray yang baru. Dimana ada Sopandi sebagai Ketua Poktan Cikiray, kemudian Engkus Kusnadi sebagai sekretaris dan Una sebagai bendahara poktan.

Dalam kesempatan itu, Ketua Poktan Cikiray yang baru, Sopandi berharap besar hasil dari musyawarah itu dapat berjalan baik untuk kemajuan Poktan Cikiray kedepan.

Termasuk dalam menjalankan sejumlah kegiatan atau program poktan untuk kemajuan ertanian yang tergabung di kelomok itu. Utamanya, kata Sopandi, dalam pengadaan pupuk akan bekerjasama dengan BUMDes Ganeas.

“Utamanya terimakasih karena sudah mempercayai atas kepenguruan yang baru ini. Saya juga meminta kerjasama dan masukan dari seluruh anggota untuk kemajuan kita bersama dalam bertani,” katanya.

Menanggapi terkait adanya rencana jalinan kerjasama dengan BUMDes, Kepala Desa Ganeas, Sukayat S.Sos menyambut baik bahasan itu. Pihak desa siap bersinergi dengan kelompok tani yang ada di Ganeas, khususnya dengan Kelompok Tani Cikiray

“Tentu harus ada kolaborasinya juga dan itu semua untuk menunjang semua kegiatan kelompok tani ini,” sebutnya.

Di tempat sama, Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Ganeas, Asep Gunawan yang ikut hadir dalam musyawarah pemilihan pengurus baru itu, memiliki harapan yang sama. Termasuk yang saat ini tengah digemborkan lagi oleh pemerintah, terkait kartu tani.

“Dari penyegaran kepengurusan yang ada di kelompok tani ini tentu diharap akan adanya perubahan dalam kemjuan juga dalam bertani. Saya sampaikan juga bahwa setiap kelompok tani itu, harus bisa memanfaatkan kartu tani dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, Tatang Suherman, mewakili warga lainnya menyampaikan harapan besar dari terbentuknya kepengurusan baru untuk kemajuan Kelompok Tani Cikiray.

“Sehingga jangan samai monoton, serta setiap program untuk pertanian diharap dapat sampai kepada semua masyarakat,” tukasnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button