DaerahEkonomi

Manfaatkan Lahan Tidur Bekas Galian C, Kodim 0610/Sumedang Sukses Panen Jagung Hibrida

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Langkah Kodim 0610/Sumedang memanfaatkan lahan tidur bekas galian C atau galian pasir dengan menanam jagung, membuahkan hasil. Pagi tadi (25/5/2021), Kodim 0610/Sumedang bersama Kelompok Tani Sari Wangi, sukses melakukan Panen Jagung Hibrida di lahan demplot Kodim 0610/Sumedang.

Menurut Dandim 0610/Sumedang, Letkol Inf Zaenal Mustofa S.E.,M.Si, lahan tidur bekas galian pasir di Desa Naluk Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang yang dimanfaatkan itu, merupakan salahsatu bentuk ketahanan pangan di Kabupaten Sumedang. Dan dalam kegiatan ini, merupakan pembinaan dalam ketahanan pangan Tahun Anggaran 2021 Kodim 0610/Sumedang Triwulan II di Tahun 2021 ini.

Baca Juga :  Longsor Ciherang, Dapur Rumah Asep Ambruk, Kerugian Capai Puluhan Juta

“Ini mewujudkan Binter yang adaptif, melalui pembinaan ketahanan pangan pada masa pandemi covid 19. Ini juga kita lakukan untuk memotivasi masyarakat agar lebih memanfaatkan lahan tidur. Baik itu di pekarangan rumahnya maupun kebun agar mampu meningkatkan perekonomian rumah tangga ditengah pandemi Covid-19 seperti ini,” kata Dandim

Baca Juga :  Sebanyak 96 Anggota Saka Wira Kartika Mengikuti Diklat Pengkridaan

Kegiatan ini juga dilakukan sebagai bentuk upaya Kodim 0610/Sumedang, dalam menjaga stabilitas ketahanan dan keamanan pangan di wilayah teritorialnya. Program ketahanan pangan ini, kata dandim, akan digalakan untuk kedepannyan, agar berkelanjutan sesuai dengan arahan komando atas.

Baca Juga :  Sebanyak 96 Anggota Saka Wira Kartika Mengikuti Diklat Pengkridaan

“Tentunya akan terus memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan-lahan yang belum diberdayakan, dan mengisinya dengan tanaman-tanaman yang sifatnya itu tidak terlalu lama dipanen. Ini sebagai upaya dalam mendongkrak ketahanan pangan,” jelasnya.

Panen jagung, lanjut dandim, merupakan upaya Kodim 0610/Sumedang dalam memotivasi kelompok-kelompok tani dalam memanfaatkan lahan-lahan tidur. Pihaknya pun berharap, apa yang dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat secara luas. (**)

Selengkapnya
Back to top button