Peristiwa

Longsor Ciherang, Dapur Rumah Asep Ambruk, Kerugian Capai Puluhan Juta

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Bencana longsor terjadi di Dusun Haurkoneng RT 01 RW 02 Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan Kamis (12/05) pada pukul 03.15 WIB.

Longsor tersebut mengancam rumah milik Asep Suprihat. Sebab, longsor tebing setinggi 20 meter berada dipinggiran rumah warga yang mengarah ke jalan raya Sumedang-Bandung.

Babinsa Desa Ciherang Sertu Alamsyah langsung melaksanakan kordinasi dengan Danramil, pihak kecamatan Sumedang Selatan, Polsek, BPBD, Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas

Baca Juga :  Serda Ridwan Ajak Warga Mendonor Untuk Kesembuhan Melani

“Longsor terjadi dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi, mengakibatkan tebing yang disamping rumah warga longsor menimpa sebagian badan jalan, tinggi tebing 20 meter lebar 15 meter dan rumah milik warga bagian dapur terbawa ambruk bersama material longsoran yang dari tebing tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan, kejadian itu mengakibatkan satu unit rumah permanen bagian dapur mengalami ambruk, sehingga kerugian diperkirakan mencapai Rp20 juta.

Baca Juga :  Ingin Minyak Goreng Gratis dari Kodim 0610/Sumedang. Ini yang Harus Dilakukan Warga

“Tindakan sementara melaksanakan kerja bakti secara manual bersama warga, membersihkan material longsoran yang menimpa sebagian badan jalan dan utk sementara tebing ditutupi terpal,” katanya.

Sementara Korban atau pemilik rumah berikut keluarganya, kata ia, sementara mengungsi dirumah saudaranya dan Lalulintas kembali normal dan lancar.

“Kami akan selalu di tengah-tengah warga dalam keadaan suka maupun duka, apalagi seperti sekarang ini, kami akan membantu sekuat tenaga dan pikiran untuk mengatasi bencana tanah longsor ini,” ucapnya.

Baca Juga :  Serda Ridwan Ajak Warga Mendonor Untuk Kesembuhan Melani

Ia menghimbau kepada warga yang ada di sekitar longsoran untuk selalu waspada bila kemungkinan ada longsoran susulan.

“Ini merupakan bencana yang tidak kita minta, tetapi kepada seluruh warga khususnya yang ada dipinggiran longsoran supaya selalu waspada karena masih musim penghujan dan rawan ada tanah longsor,” tutup Sertu Alamsyah. (ESH).

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button