Agama

Cabang Tilawah dan Murotal Anak, Diikuti 108 Qori se-Jabar pada MTQ ke-37

Sebanyak 108 peserta dari kafilah kabupaten/kota se-Jawa Barat mengikuti Cabang Tilawah dan Murotal Anak-anak dalam ajang MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumedang.

Di hari ketiga pelaksanaan lomba, Rabu (22/6/2022), dari pagi hingga petang kedua cabang yang diperlombakan diikuti 13 peserta Cabang Tilawah Anak dan 13 peserta Cabang Murotal Anak.

“Total ada 108 peserta yang mengikuti lomba Tilawah dan Murotal anak-anak. Setiap harinya menampilkan 13 Tilawah dan 13 Murotal. Batasan usia untuk tilawah anak-anak adalah 14 tahun 11 bulan 29 hari, sementara untuk murotal 12 tahun 11 bulan 29 hari,” kata Ketua Majelis Cabang Anak-anak dan Murotal Dr. Abdul Mujib MA.

Baca Juga :  Pemda Sumedang Siapkan Aplikasi Real Time Untuk Informasi MTQ ke-37 Tingkat Jabar

Abdul Mujib mengatakan, pada MTQ ke 37 Jabad secara administratif seluruh peserta dinyatakan lolos dan tidak ada yang keluar aturan serta penampilannya pun relatif bagus -bagus, mempunyai potensi dan harapan ke depan.

“Dewan Hakim semuanya sangat semangat menilai tampilan para peserta yang sangat bagus, baik di Tilawah ataupun di Murottal,” ujarnya.

Menurut Abdul, ada empat unsur penilaian dalam tilawah diantaranya tajwid, fashahah, lagu, dan suara. Sementara itu, cabang Murottal poin penilaian meliputi Tajwid, Fasohah dan Maqro.

Baca Juga :  Sekda Akui Sudah Cek and Ricek untuk Suksesi MTQ ke-37 Tingkat Jabar di Sumedang

“Dari unsur penilaian tersebut, masing-masing unsur ada tiga juri yang menilai. Makanya pada MTQ Jabar ini memilih dewan hakim yang betul-betul paham, ahli dan bersertifikat,” tuturnya.

Dikatakannya, dari hari pertama sampai hari ketiga setidaknya ada tujuh peserta yang dinilai layak untuk tampil mewakili di Jawa Barat. Di hari berikutnya ia pun tak sabar untuk melihat potensi lainnya.

“Sungguh luar biasa, saya lihat ada 7 peserta yang dinilai layak mewakili Jabar. Kami optimistis bisa menang di tingkat nasional jika para peserta tadi dibimbing dengan konsep pembinaan yang hebat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Patut Diapresiasi, Pawai Ta’aruf MTQ ke-37 Tingkat Jabar Berlangsung Meriah

Salah seorang peserta asal Kabupaten Tasikmalaya Sheila Amelia ketika diwawancara berpendapat bahwa sejauh ini para peserta yang tampil dari tiap daerah semuanya memiliki potensi yang bagus.

Sedangkan dari sisi penyelenggaraan, ia menilai Sumedang menyediakan fasilitas dan memberikan pelayanan yang terbaik sehingga ia mengaku sangat menikmati acara MTQ di Kabupaten Sumedang.

“Fasilitas yang disediakan Kabupaten Sumedang sangat baik. Harapan saya selanjutnya semoga penyelenggaraan MTQ lebih maju lagi,” pungkasnya

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button