DaerahEkonomi

Wujudkan Pasar Wisata, Pemdes Cisaat Relokasi Pedagang yang Sebelumnya Mangkal di Jalan

FAJARNUSANTARA.COM, SUBANG – Pemerintah Desa (Pemdes) Cisaat Kecamatan Ciater Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat, Jumat (18/12) pagi tadi, me-launching pasar wisata. Dimana para pedagang pasar ini, sebelumnya beraktivitas di sekitaran jalan provinsi hingga menggangu arus lalulintas.

Seperti dikatakan Kepala Desa Cisaat, Suryana. Menurutnya, pihak desa dibantu perjuangan karang taruna, mampu merelokasi para pedagang ke tempat yang sudah disediakan.

“Memang ini masih sederhana banget, cuman layak buat jualan. Tapi pendatang juga sama pembeli meningkat walau disaat covid dan kita juga tetap mengunakan proses menyediakan berapa alat cuci tangan dan diimbau pakai masker semua,” katanya kepada Fajarnusantara.com.

Baca Juga :  Setelah 6 Hari Pencarian, Tim SAR Gabungan Temukan Korban Terseret Arus Banjir di Sungai Batu Kapur Subang

Kades yang ramah itu juga berharap, dengan keberadaan akivitas pasar di wilayahnya, mampu menjadi pasar wisata yang rapih hingga patut dikunjung semua orang.

“Kalau bisa sampai jadi yang paling bagus di Kabupaten Subang. Maka dari itu, mohon bantuan kepada semua pihak untuk doa dan dorongannya,” harapnya.

Sejumlah pedagang menempati pasar yang baru di-launching.

Hal senada diungkapkan Aei selaku tokoh masyarakat Desa Cisaat. Aei mendorong anggota karang taruna, agar melakukan beberapa perbaikan dan ketertiban dalam upaya menhidupkan aktivitas pasar itu.

Baca Juga :  Setelah 6 Hari Pencarian, Tim SAR Gabungan Temukan Korban Terseret Arus Banjir di Sungai Batu Kapur Subang

Nah, pasar ini sifatnya sementara, kita percobaan untuk mencari bahan evaluasi, baik itu ketertiban untuk kenyamanan buat pedagang, buat pembeli, juga pengunjung. Karena kebetulan kita punya konsep di sini, adalah pasar parawisata. Kita menginkan konsepan ini betul-betul hijaunya parawisata, lokasinya kita di Desa Cisaat yang punya predikat desa wisata. Saya kira itu, mungkin ini pembelajaran untuk semua, untuk memberbaiki keadaan juga membatu pemerintahan,” tuturnya.

Baca Juga :  Setelah 6 Hari Pencarian, Tim SAR Gabungan Temukan Korban Terseret Arus Banjir di Sungai Batu Kapur Subang

Di tempat sama, Camat Ciater, Cucu Wahyu mengapresiasi atas langkah baik yang dilakukan Desa Cisaat. Aktivitas pasar dapat berjalan tanpa mengganggu arus lalulintas.

“Mudah-mudahan bisa meningkatan kesejahtraan dan perekonomian masarakat. Dan mudah-mudahan juga pengelolaan pasar oleh petugas terkait, penangananya, penataan termasuk juga pembuatan taman indah bersih hijau itu tetap terjaga. Mudah-mudahan pasar ini berkembang, maju dengan pesat,” harap camat. (rmn)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button