BisnisEkonomiNasional

Sandiaga Uno Puji Komitmen Hijau PLN di Mata Lokal Award

FAJARNUSANTARA.COM- PT PLN (Persero) berhasil meraih penghargaan Mata Lokal Award kategori Best Impact in Environment of The Year berkat komitmennya dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia. Penghargaan ini diterima pada 17 Mei 2024 di Jakarta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, yang hadir dalam acara tersebut, mengapresiasi langkah heroik PLN dalam transisi energi, terutama dalam pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dan peralihan dari energi fosil.

“Green tourism adalah masa depan pariwisata kita, dan kita berharap PLN bisa mendukung. Kita berharap pariwisata kita semakin berkualitas dan berkelanjutan, membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas termasuk green jobs,” ujar Sandiaga.

Baca Juga :  Srikandi PLN UP3 Sumedang Ajak International Green School Outing, Dukung Pendidikan

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa penghargaan ini adalah buah dari perjuangan tak kenal lelah para pegawai PLN dalam mereduksi emisi karbon di sektor kelistrikan.

“Sebagai motor penggerak ekonomi bangsa, keberadaan PLN amatlah penting dalam menjamin ketersediaan energi listrik bagi seluruh masyarakat di Indonesia,” jelas Darmawan.

PLN telah melakukan berbagai inisiatif dekarbonisasi, seperti pembatalan penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) sebesar 13,3 Gigawatt (GW), pembatalan Power Purchase Agreement (PPA) PLTU sebesar 1,4 GW,

Mengganti 1,1 GW PLTU dengan pembangkit berbasis EBT, mengganti 800 Megawatt (MW) PLTU dengan pembangkit gas, penerapan co-firing biomassa pada 43 PLTU, program dedieselisasi dengan total kapasitas mencapai 1 GW, dan pengembangan 21 GW pembangkit EBT. Upaya ini mampu mengurangi dan menghindari emisi karbon hingga 3,7 miliar ton CO2.

Baca Juga :  Transformasi Sukses, PLN Raih Pendapatan Rp487,38 Triliun

PLN juga mendukung pemerintah dalam pengembangan green tourism, dengan kerja sama antara PLN dan PT Taman Wisata Candi (TWC) untuk menghadirkan energi bersih di destinasi wisata seperti Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Penggunaan energi hijau menjadi suatu kebutuhan yang perlu terus kita tingkatkan. Terkait green tourism, kami mendukung penuh karena sejalan dengan visi kita dalam transisi energi guna mencapai Net Zero Emissions di tahun 2060 atau lebih cepat,” sambung Darmawan.

Baca Juga :  PLN UP3 Sumedang Distribusikan 50 Paket Sembako di Citali

Selain itu, PLN juga aktif dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik (EV) di Indonesia. Saat ini, terdapat 1.380 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 9.886 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), dan 2.182 Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU) di seluruh Indonesia.

“Berbagai upaya heroik ini kami lakukan karena PLN betul-betul peduli terhadap masa depan bumi dan generasi mendatang. Transisi energi ini juga penting agar kita bisa mencapai kemandirian energi nasional tanpa bergantung pada energi fosil yang mahal dan kotor,” tutup Darmawan.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button