Daerah

Irwansyah Ajak Masyarakat Taat Bayar Pajak, Bantu Sukseskan PEN

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – ┬áKetua DPRD Kabupaten Sumedang, Irwansyah Putra mengajak kepada masyarakat Sumedang, untuk taat dalam membayar pajak, serta membenahi pelaporan pajaknya. Hal ini dimaksud, untuk menyukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digulirkan pemerintah.

PEN ini, dilakukan sebagai upaya dalam memulihkan perekonomian masyarakat Indonesia. Apalagi ditengah masa pandemi Covid-19 yang tak hanya berdampak kepada kesehatan manusia saja. Melainkan, berdampak juga pada perekonomian negara yang saat ini membutuhkan dana yang bersumber dari pajak.

“Seluruh masyarakat harus ikut serta dalam berkontribusi melakukan pembayaran pajak serta pelaporan pajaknya,” ujar Irwansyah di ruang kerjanya, Kamis (4/3/2021).

Untuk saat ini, pembayaran pajak dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tentunya, melalui jaringan elektronik atau online berupa layanan e-Filing. e-Filing ini, kata Irwansyah, merupakan suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time. Masyarakat dapat mengaksesnya melalui  website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id) atau Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP).

Ketua DPRD dua periode itu menjelaskan, bagi wajib pajak yang hendak menyampaikan laporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi (1770, 1770S, 1770SS) maupun SPT Tahunan PPh Badan (1771), dapat mengisi dan menyampaikan laporan SPT-nya pada aplikasi e-Filing di DJP Online.

“Bisa dilakukan online melalu e-Filling. Dan itu bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja,” sebutnya.

Menjalankan kewajiban perpajakan, lanjut Irwansyah, merupakan salahsatu bentuk kecintaan terhadap bangsa dan negara.

“Ayo laporkan pajak. Pajak kuat, Indonseia maju,” ungkapnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Fajar Nusantara Online (FNO). PT. FNO telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button