Nasional

Angin Segar, Serapan Anggaran Desa Akan Ditingkatkan

FAJARNUSANTARA, JAKARTA – Angin segar datang untuk desa-desa di Indonesia. Utamanya yang terpuruk akibat pandemi covid-19. Dimana sisa anggaran yang ada di Kementerian Desa, diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera direalisasikan.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, dalam rapat terbatas secara virtual yang digelar hari ini (24/9), Presiden meminta direalisasikan untuk sisa anggaran antara Oktober hingga Desember 2020.

Muhadjir pun mengakui, bahwa ekonomi di desa, harus diperkuat. Apalagi saat dilanda pandemi covid-19 ini, untuk bisa juga desa sebagai penyangga ekonomi perkotaan. Sebab dari adanya pandemi Covid-19 ini,  muncul fenomena ruralisasi atau perpindahan penduduk dari kota ke desa.

“Sekarang itu fenomenanya terbalik. Bukan urbanisasi. Fenomenanya adalah ruralisasi. Orang  dari kota sekarang malah kembali ke desa,” katanya, seperti dikutip tribunnews.com.

“Maka serapan anggaran Kementerian Desa dan kementerian lainnya itu bermuara ke desa,” tambahnya.

Muhadjir menjelaskan, untuk realisasinya dapat dilakukan dengan skema jaring perlindungan sosial. Atau melalui program penanggulangan kemiskinan. Dan tak hanya itu, presiden, kata dia, meminta untuk memperkuat daya ungkit desa. Seperti mengoptimalkan potensi desa atau lokal.

“Maka dari itu, pandemi ini harus dijadikan momentum untuk mengubah strategi kita baik yang didesa bisa dengan meningkatkan ekonomi desanya. Momentum ini harus dijadikan juga untuk memperbaiki lagi, utamanya dalam transformasi ekonomi desa,” tukasnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button