BisnisEkonomiKomunitas

Transformasi Sukses, PLN Raih Pendapatan Rp487,38 Triliun

FAJARNUSANTARA.COM- PT PLN (Persero) mencatatkan peningkatan pendapatan usaha yang signifikan sebesar 10,48% pada tahun 2023, mencapai Rp487,38 triliun. Keberhasilan ini berkat transformasi yang konsisten dilakukan di bawah kepemimpinan Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.

Darmawan mengungkapkan bahwa pendapatan tersebut merupakan hasil dari transformasi yang dilakukan PLN selama tiga tahun terakhir.

“Ini adalah buah manis dari upaya transformasi yang kami lakukan. Kami berhasil mengubah cara pandang dalam memberikan layanan kepada pelanggan,” ujarnya.

Pendapatan terbesar diperoleh dari penjualan listrik yang tumbuh 5,36%, mencapai 288,44 TWh pada tahun 2023, dengan nilai penjualan Rp333,19 triliun. Pertumbuhan ini didorong oleh sektor bisnis dan industri yang menyumbang 145,70 TWh, serta sektor rumah tangga yang mencapai 122,34 TWh.

Baca Juga :  Bantuan Listrik Gratis dari Srikandi PLN untuk Posyandu Sumedang

PLN juga sukses menjalankan berbagai strategi intensifikasi dan ekstensifikasi untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan. Melalui program promo biaya tambah daya dan akuisisi captive power, PLN berhasil menambah penjualan sebesar 9,99 TWh. Selain itu, digitalisasi proses bisnis membuat layanan PLN semakin andal dan efisien.

Baca Juga :  PLN dan Pemkab Garut Kolaborasi, Edu Wisata Terbang Tinggi

Strategi ekstensifikasi turut menciptakan demand listrik baru, meningkatkan penjualan sebesar 4,68 TWh. Program electrifying agriculture dan electrifying marine berhasil menyambungkan listrik bagi pelaku usaha di sektor agrikultur dan kelautan dengan total daya terpasang 317 MVA.

PLN juga aktif mendukung ekosistem kendaraan listrik dengan meningkatkan jumlah home charging dan SPKLU yang mencapai masing-masing 9.393 unit dan 624 unit pada tahun 2023. Hal ini membuat konsumsi daya untuk kendaraan listrik meningkat lebih dari 5 kali lipat dibanding tahun 2022.

Baca Juga :  PLN UP3 Sumedang Distribusikan 50 Paket Sembako di Citali

Sepanjang tahun 2023, PLN menambah 3,5 juta sambungan pelanggan baru, meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain penjualan listrik, pendapatan juga diperoleh dari bisnis beyond kWh seperti penyediaan energi primer, jasa jaringan telekomunikasi, dan pemeliharaan infrastruktur kelistrikan yang menyumbang Rp10,27 triliun.

PLN terus berkomitmen menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri dengan visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button