Daerah

Tradisi Debus, Tradisi Ekstrem dari Banten Yang Masih Terjaga

Tidak bisa dipungkiri apabila Indonesia memang mempunyai kekayaan budaya dan tradisi yang sangat unik. Bahkan terdapat juga tradisi ekstrem. Salah satu tradisi ekstrem yang mungkin sudah tidak asing lagi adalah Debus. Dimana ini adalah salah satu atraksi yang sering membuat jantung para penonton berdegup dengan kencang. 

Debus, Atraksi yang menampilkan kekebalan 

Bagi orang yang melihat atraksi ini memang akan merasa ngeri karena atraksi debus ini memang akan menampilkan kekebalan tubuh manusia terhadap banyak benda tajam, bara api, bahkan barang-barangg lainnya yang tidak lazim. Tradisi yang berasal dari Banten ini pun memang terkenal ekstrem. Walaupun demikian, tradisi ini masih ada hingga sekarang. 

Para pemain debus sendiri umumnya juga tidak akan merasakan kesakitan pada tubuh mereka walaupun terkena  benda tajam ataupun bara api. Adapun salah satu senjata yang seakan wajib ada dalam debus adalah jenis senjata dengan bagian ujung yang runcing. 

Kendati terlihat cukup mengerikan, debus ini sendiri ternyata juga memiliki sisi yang religious dimana sangat berkaitan erat dengan adanya upacara keagamaan. Selain itu, masyarakat Banten juga sering mengaitkan jika upacara atau atraksi ini juga mempunyai unsur keagamaan yang cukup kental. 

Selain persiapan fisik, persiapan alat music pun harus dipersiapan dengan baik. Alat music itu sendiri berguna untuk mengiringi pertunjukan agar semakin meriah. Bahkan tidak jarang, atraksi ini akan dipandu oleh seorang Syech.

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Fajar Nusantara Online (FNO). PT. FNO telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button