Daerah

Memahami Bahasa Papua, Yang Mempunyai Keunikan Tersendiri

Seperti yang sudah kita ketahui, Indonesia sendiri menjadi salah satu Negara yang mempunyai beragam budaya. Tidak terkecuali dengan Tanah Papua dimana menyimpan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah bahaya yang mereka gunakan. Inilah yang ternyata masih luput dari perhatian banyak masyarakat. 

Keunikan bahasa papua yang jarang diketahui 

Tidak hanya dikenal sebagai salah satu Negara yang mempunyai bentang alam yang sangat cantik. Papua sendiri ternyata juga mempunyai budaya yang tidak akan pernah ada habisnya termasuk bahasa yang mereka gunakan. Tahukan anda apabila papua mempunyai ratusan bahasa? 

Terdapat setidaknya 270 bahasa  daerah yang dimiliki oleh papua menerut salah satu Peneriti Balai Arkeologi Papu yakni Hari Suroto. Bahasa sehari-hari yang digunakan Papua adalah bahasa Melayu Papua. Uniknya lagi, masyarakat Papua sering menggabungkan dua kata atau lebih atau lebih singkatnya bahasa mereka akan disingkat-singkat. 

Sebagai contohnya, sapi pasar dulu yang berarti saya pergi ke  pasar dulu buka sapi ke pasar. Kebiasaan orang Papua yang sering menyingkat kata ini memang akan sedikit membingungkan bagi orang yang belum terbiasa. 

Adapun beberapa kata yang sering disingkat adalah saya menjadi sa, punya jadi  pu, dan pergi menjadi pi. Selain itu, kata  epen dan cupen bukan? ternyata ini juga merupakan singkatan loh. Dimana Epen adalah emang penting dan cupen cukup penting. 

Bukan hanya itu saja, orang papua pun memiliki kebiasaan dimana akan menambahkan kata-kata “itu sudah”. Jadi jangan sampai kaget ketika tengah berbicara dengan orang Papua

Selengkapnya
Back to top button