DaerahPolitik

Serentak Tanam Pohon, Ineu: Langkah Kongkrit PDI Perjuangan Terhadap Lingkungan

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Dalam rangka HUT PDI Perjuangan ke-48 dan HUT Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj. Megawati Soekarno Putri ke-74, dilakukan penanaman pohon di seluruh Indonesia.

Seperti dilakukan Bendahara DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat, Hj. Ineu Purwadewi Sundari, Minggu (31/1/2021). Dia dan jajarannya melakukan penanaman pohon di Desa Tegalmanggung Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.

Ineu memilih lokasi itu, lantaran penanaman pohon menjadi salahsatu cara dalam mengantisipasi tejadinya musibah banjir dan longsor, dengan jenis pohon yang memiliki akar kuat.

Baca Juga :  Tertarik Transformasi Digital Sumedang, dalam Sehari Sumedang Dikunjungi Banyak Tamu Istimewa

“Kita ketahui bersama, ketika hujan kemarin menimbulkan bencana di mana-mana. Hal itu karena adanya peralihanfungsian lahan dan minimnya sarana penghijauan. Air yang seharusnya diserap oleh pohon, malah turun kepemukiman, akhirnya terjadi banjir dan longsor,” ucap Ineu.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat periode 2019 – 2024 itu menyebutkan, penanaman pohon di seluruh Indonesia, menjadi langkah kongkrit yang dilakukan PDI Perjuangan terhadap lingkungan.

Baca Juga :  Perjuangan Heti Andorina Bangun Jembatan Gantung Penghubung 2 Kecamatan Di Sumedang Kini Menuai Hasil

“Kami ingin, bahwa penghargaan yang diperoleh PDI Perjuangan kerena tetap komitmen penanaman pohon di seluruh Indonesia, betul-betul tetap dijaga dan menjadi bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang ada di sekitar,” tuturnya.

Tak hanya terkait lingkungan, lanjut Ineu, gerakan ini juga berkaitan dengan kebutuhan masyarakat yang membutuhkan sarana-sarana pendukung supaya tidak terjadi bencana. Sehingga, jangan sampai ada kerusakan ditambah daya dukung sarana prasarana tidak bagus yang mengakibatkan bencana.

Baca Juga :  Meriahkan HUT Jatos Ke-16, Ustadz Evi Effendi Hadir Hipnotis Pengunjung

“Saya yakin, itu tidak bisa dilakukan oleh pemerintah. Perlu adanya kerjasama seluruh lapisan masyarakat pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota, dan pemerintah desa. Semuanya harus bersama-sama bergotong royong untuk menjaga pelestarian lingkungan dan partisipasi masyarakat sangat penting untuk mewujudkan alam yang indah ini dilakukan secara bersama-sama,” tukasnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button