Daerah

Selain Run Off Air Tak Masuk Drainase, Banjir Jatinangor Disebabkan Juga Penyumbatan Sampah

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Penyebab banjir di area sekitar IPDN, SPBU, Hotel Khatulistiwa dan jalan nasional Bandung-Sumedang Kecamatan Jatinangor pada Kamis 4 Maret 2021, telah diidentifikasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sumedang.

Seperti dikatakan Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sumedang, Sonny Nurgahara. Dalam mengidentifikasi penyebab banjir, pihaknya telah melakukan survey bersama tim dari UPTD PUPR.

Baca Juga :  Tim UPTD Optimis Jadi Juara Sepakbola se-Kecamatan Jatinangor

“Sudah survey untuk mengidentifikasi faktor penyebab banjir di sekitar Jatinangor, seperti wilayah sekitar IPDN, depan Hotel Khatulistiwa, termasuk di daerah ITB dan lainnya,” katanya, Senin (8/3/2021), seperti dilansir dari laman resmi Pemkab Sumedang.

hasil survey, kata Sonny, faktor penyebab banjir di wilayah Jatinangor itu disebabkan adanya sejumlah faktor.

Baca Juga :  Lupa Matikan Kompor, Rumah Dede Terbakar, Kades Imbau dan Siagakan Linmas

“Curah hujan yang tinggi dan Run Off Air hujan dari arah barat (Bandung) ataupun dari arah timur (IKOPIN) tidak masuk ke saluran drainase jalan, sehingga banjir ke badan jalan,” tuturnya.

Disebutkan, survey lokasi itu dilakukannya pada Sabtu 6 Maret 2021 lalu. Namun selain itu, pihaknya menemukan ada penyumbatan akibat sedimen tanah dan sampah.

Baca Juga :  Kades Jatiroke Seleksi Tim Inti Sepak Bola Desa

“Pemkab Sumedang melaporkan dan berkoordinasi dengan PPK 4.2 Wilayah Jabar B2PJN VI agar segera dilakukan rekonstruksi trotoar dan normalisasi saluran drainase jalan. Dari Dinas PUPR siap membantu pihak PPK 4.2 Wilayah Jawa Barat BBPJN VI Kementerian PUPR sesuai dengan kapasitas dan kewenangannya,” tuturnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button