Daerah

RinSo Dorong Peran Pemuda dalam Menggali Potensi Daerah

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Peran pemuda, diyakini mampu mengembangkan potensi daerah melalui bidang enterpreneurship dan ekonomi kreatif. Apalagi, bila para pemuda terus aktif dalam mengabdikan diri bagi kemajuan daerahnya.

Seperti disampaikan Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PKS, H Ridwan Solichin dalam pertemuan jaring aspirasi di Rumah Makan Nusa Darmaraja Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, Minggu (25/10), bersama 15 pemuda asal Kecamatan Darmaraja dan Wado.

Dalam kesempatan itu, Kang RinSo –sapaan akrab- Ridwan Solichin memotivasi para pemuda dari dua kecamatan itu, untuk menggali potensi yang ada dalam diri dan daerahnya. Sebab, peran pemuda dibutuhkan sebagai tulang punggung bangsa.

Baca Juga :  RinSo Siap Kawal Usulan Desa Melalui SIPD Yang Menjadi Prioritas

“Pemuda itu bagian yang tak terpisahkan dalam kemajuan daerah. Ayo bangkit dan gali potensi dan sumbangkan segala kemampuan untuk kemajuan daerah,”ujar RinSo.

RinSo mencontohkan, adanya Bendungan Jatigede, dapat dimanfaatkan para muda di Darmaraja dan Wado, untuk membuka bidang wisata, kuliner, kerajinan, jasa dan lain sebagainya.

“Tinggal digali dan dikembangkan lagi potensi yang ada di sini. Pemuda harus bergerak di daerahnya untuk mengembangkan dunia entrepreneurship. Daerah itu memiliki potensi unggulan dan beragam,” tuturnya.

Baca Juga :  Anggota Komisi 1 DPRD Jabar Minta Pemerintah Memikirkan Penghapusan Tenaga Honorer

Untuk itu, Aleg Dapil Sumedang-Majalengke-Subang ini, meminta kepada para pemuda agar tidak perlu khawatir dengan masalah permodalan. Menurut RinSo, di tingkat provinsi banyak program yang bisa diakses bagi para pemuda di daerah.

“Di tingkat provinsi banyak program yang bisa diakses dan dimanfaatkan yang merupakan hasil inisiasi pemprov dan DPRD Jabar. DPRD Jabar Insya Allah siap memfasilitasi untuk mengaksesnya,” terangnya.

“Ada beberapa program untuk pemberdayaan pemuda di tingkat provinsi. Contohnya ada program Patriot Desa, Pemuda Mandiri Membangun Desa, dan lain-lain. Dan sebagian besarnya berbasis pengembangan enterpreneurship, ekonomi kreatif dan produktif pemuda,” tuturnya.

Baca Juga :  Bahas Status Kepegawaian, Pansus VII DPRD Provinsi Jabar Gelar Rapat Kerja

Pada kesempatan itu, seorang pemuda asal Darmaraja yang ikut dalam pertemuan jaring aspirasi, mengucapkan terimakasih kepada Kang RinSo karena sudah memenuhi undangan para pemuda Darmaraja dan Wado.

“Terimakasih karena Pak Ridwan sudah mau memenuhi undangan untuk memberikan pencerahan kepada kami. Karena kami pemuda di sini butuh bimbingan dalam mengembangkan kegiatan kewirausahaan dan ekonomi kreatif,” ungkapnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button