Agama

Rendah Hati Dan Efek Yang Akan Didapat Darinya

Sifat sombong memang tidak jauh dari sifatnya manusia. Baik yang diucapkan secara langsung maupun yang tersirat didalam hati dan hanya Allah Azza wa Jalla yang mengetahuinya. Memang dimaklumi manusia selalu dikelilingi oleh syetan yang selalu menjerumuskannya sehingga muncullah sifat-sifat seperti sombong ini.

Jika ada sifat sombong dalam diri seseorang maka ia akan sulit menghargai orang lain dan merasa dirinya paling benar. Tentu saja ini keliru karena meski seseorang tersebut mengetahui akan hal itu namun ia lupa jika ada Allah Azza wa Jalla yang maha menetapkan termasuk apa yang ia sombongkan. Bahkan dalam agama Islam juga dikatakan jika ada sedikit saja sifat sombong maka seseorang tidak akan mendapatkan bau syurga yang sebenarnya jaraknya dekat.

Maka dari itu Islam menekankan agar memiliki sifat rendah hati yang berawal dari lembutnya hati tersebut. Dimana jika hati menjadi lembut maka hidayah dari NYA akan mudah datang. Lembutnya hati ditandai dengan mudahnya seseorang menangis jika berhadapan dengan Allah Azza wa Jalla atau dalam berdoa. 

Kelembutan hati akan menghasilkan hati yang tidak sombong yang akan melahirkan keyakinan bahwa Allah lah yang berkuasa atas segalanya. Allahlah yang maha menentukan. Sementara manusia hanya menjalani. Inilah yang membuat hidup akan terasa nyaman dan tentram, serta mensyukuri apa saja yang ada atau terjadi pada dirinya.

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button