DaerahPendidikan

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Karang Taruna RW 06 Karangtengah Resmikan Rumah Baca Masyarakat

FAJARNUSANTARA.COM, GARUT –  Karang Taruna Unit RW 06 Desa Karang Tengah, Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut, mengisi Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2020 dengan meresmikan Rumah Baca Masyarakat, yang berlokasi RW 06 Kampung Bojongsalam.

Ketua Karang Taruna Unit RW 06 Ajang Kamaludin menuturkan, pembuatan rumah baca, bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan semangat literasi masyarakat. Khususnya, bagi kaum pelajar yang selama ini diliburkan seiring berlangsungnya masa pandemi Covid-19.

Pihaknya, sengaja mengambil momentum Hari Sumpah Pemuda, untuk menggelorakan semangat pemuda agar peduli terhadap masyarakat. Yang mana dalam hal ini, kata Ajang, dunia baca tulis atau literasi.

“Hari ini kami resmikan Rumah Baca Masyarakat bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Kami ingin mengambil momentum hari ini untuk menunjukkan semangat kepedulian para pemuda, khususnya yang tergabung dalam Karang Taruna Unit RW 06,” katanya kepada Fajarnusantara.com.

“Sebagaimana kita ketahui pada masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan belajar mengajar di sekolah diliburkan. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk membuat suatu wadah yang bisa tetap memberikan pelajaran, sehingga masyarakat khususnya para pelajar, mendapatkan ilmu ditengah situasi yang serba dibatasi seperti sekarang ini,” tuturnya.

Para Ketua Karang Taruna di Kecamatan Kadungora tunjukkan sebagian buku yang disediakan di Rumah Baca Masyarakat, Rabu (28/10). (foto: fajarnusantara.com)

Peresmian Rumah Baca Masyarakat sendiri, ditandai pengguntingan pita yang dihadiri Ketua Karang Taruna Kecamatan, Ninik dan Ketua Karang Taruna Desa Karangtengah, Deni Haerudin.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Karang Taruna Kadungora, Ninik mengapresiasi pembuatan rumah baca tersebut. Menurutnya, peran pemuda sangat dibutuhkan dalam berbagai situasi terlebih pada masa pandemi seperti sekarang ini.

“Kami dari Karang Taruna Kadungora mengapresiasi adanya Rumah Baca Masyarakat ini. Hal ini membuktikan bahwa pemuda mampu berperan dalam berbagai situasi, khusus pada masa pandemi ini,” ujarnya.

Sementara itu, hal senada diungkapkan Ketua Karang Taruna Desa Karangtengah, Deni Haerudin. Selain mengapresiasi adanya rumah baca, Deni juga meyakini, pemuda dapat berperan dalam mengatasi berbagai persoalan di lingkungan sosial masyarakat.

“Tentunya ini sangat membanggakan, saya mengapresiasi. Saya yakin, di tangan pemuda berbagai persoalan di masyarakat dapat diatasi, termasuk hal-hal yang perlu dilakukan dimasa pandemi ini,” ungkapnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button