Agama

Pengaruh Keyakinan Sebuah Agama Yang Sangat Penting Dalam Mengatur Segala Hal

Setiap agama apa saja sesuai fungsinya pastilah akan menjadi pengatur bagi mereka yang menganutnya. Sehingga manusia memiliki aturan. Hal dibawah ini akan membahas sedikit banyak akan pengaruh agama bagi seseorang.

Mengatur nilai moral

Perilaku seseorang amat dipengaruhi oleh agama yang ia anut. Maka semakin dalam ia mengkaji dan memahami agamanya maka akan semakin baik moral, perangai atau perilaku yang ia miliki. Hal itu tertuang dan dapat dilihat pada kehidupan sehari-harinya. Jika ia memahami aturan dalam agamanya harus seperti apa, maka ia akan bertindak seperti yang diatur agamanya.

Nilai moral ini tidak hanya dalam beribadahnya saja namun juga dalam bersikap atau bagaimana ia membawa diri di masyarakat. Bahkan seseorang yang tadinya arogan maka setelah ian mendalami agamanya kemungkinan ia juga akan berubah. Perubahan ini tak luput dari pengaruh lingkungan tempat ia berada.

Aturan agama yang ada bersifat mengikat bagi penganutnya sehingga adanya pahala bagi yang melaksanakannya serta dosa bagi yang melanggarnya. Sehingga setiap penganutnya harus berpikir panjang jika akan melakukan pelanggaran dalam agama atau ia setidaknya mengacu kepada agama akan setiap tindakan apa yang akan ia ambil.

Penawar dan pelipur lara

Tentu saja dalam menjalani kehidupan akan banyak sekali permasalahan yang akan kita hadapi. Kita juga menyebutnya dengan istilah cobaan. Maka disini peran agama adalah sebagai titik balik seseorang saat himpitan masalah begitu berat. Bagi mereka dengan keyakinan bahwa masalah yang ia hadapi adalah sebuah cobaan maka ia akan menyandarkannya kepada agama. Bahwa ini semua sudah takdir dan hanya doa yang bisa ia lakukan sehingga akan timbul ketenangan dan terhindar dari rasa gelisah.

Sifat putus asa tentu saja berbahaya yang terkadang berujung pada perilaku negatif seperti narkoba, bunuh diri, balas dendam dan lain sebagainya. Maka sikap putus asa akan jauh dari seseorang yang berkeyakinan bahwa segala yang ia hadapi adalah sudah ketentuan NYA dan ia hanya butuh kesabaran dalam menunggu jawaban dari NYA.

Selengkapnya
Back to top button