Agama

Menunggu Kepastian Akan Keberangkatan Ibadah Haji Di Tengah Pandemi Covid-19

Melakukan ibadah haji tentunya menjadi hal yang sangat diidam-idamkan oleh seluruh umat muslim, tidak terkecuali mereka yang berasal dari Indonesia. Namun hadirnya pandemi corona atau covid-19 menjadi salah satu hal yang menghambat akan pelaksanaan ibadah haji. Untuk itu, ibadah haji yang akan dilakukan pada tahun 2020 pun belum dapat dipastikan keberlangsungannya. 

Seperti yang dinyatakan oleh Plt Sekjen dari Kementrian Agama yaitu Nizar Ali. Dalam sebuah pernyataan, beliau mengungkapkan bahwa pemerintah Arab Saudi saat ini telah berjanji akan memberikan kepastian terkait pelaksanaan ibadah haji pada akhir bulan April ini. 

Meski demikian, persiapan untuk keberangkatan haji pun masih terus dilakukan walaupun dengan beberapa penyesuaian di dalamnya. Selain itu, pihak Kemenag juga telah mempersiapkan skenario lain, utamanya jika Arab Saudi tidak kunjung memberikan informasi terkait kepastian mengenai ibadah haji itu sendiri.

Dalam hal ini, pihak Kemenag akan menunggu informasi tersebut hingga akhir Mei 2020.  Dengan demikian, jika sampai akhir Mei tidak ada kepastian maka keberangkatan haji pun akan ditunda. Pihak kementrian pun meminta agar para jemaah untuk berbesar hati dengan menunda dan memutuskan tidak berangkat melakukan ibadah haji. 

Karena meskipun persiapan telah dilakukan sejak saat ini, namun jika informasi baru diberikan pada bulan Mei mendatang, tentunya dibutuhkan percepatan persiapan, sehingga bukan hanya keberangkatan dan juga kepulangan saja yang dapat dilakukan dengan aman. Tetapi kondisi jemaah di sana pun dapat dijaga dengan lebih baik lagi.

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button