Daerah

Meningkatkan Profesionalisme Damkar, Pj Bupati Soroti Kualitas Kerja

FAJARNUSANTARA.COM- Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Drs. Herman Suryatman, M.Si, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Sumedang. Senin 16 Oktober 2023.

Pj Bupati berfokus pada pengecekan peralatan Damkar yang meliputi mobil dan peralatan alat pendukung serta menilai kesiapan personil dalam menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Pj Bupati Herman tidak hanya memeriksa perlengkapan, tetapi juga memerintahkan staf untuk menguji operasional kendaraan pemadam kebakaran guna memastikan kesiapan dalam menghadapi ancaman kebakaran di musim kemarau saat ini.

Baca Juga :  Peredaran Rokok Ilegal Meningkat di Sumedang Timur: Satpol PP Beri Peringatan Tegas

“Saya ingin memastikan SOP yang berlaku, kondisi kendaraan, dan kesiapan personil, karena manajemen Damkar memegang peranan kunci dalam profesionalisme penanganan kebakaran di Sumedang. Damkar Sumedang siap siaga 24 jam sehari,” ungkap Pj Bupati Herman.

Terkait dengan kondisi kendaraan pemadam kebakaran, Herman menyebutkan bahwa saat ini terdapat tujuh unit kendaraan pemadam yang siap digunakan.

Dua di antaranya adalah kendaraan baru yang baru saja diakuisisi pada tahun 2023, sementara tiga lainnya berasal dari tahun 2000-an, dan dua unit lainnya merupakan pengadaan dari tahun 1990-an yang saat ini sudah cukup usang. Herman menilai bahwa armada Damkar Sumedang relatif memadai.

Baca Juga :  Satpol PP Sumedang: Tak Ada Kata Terlambat, Ketahuan Melanggar Langsung di Tindak Tegas

Pentingnya kerjasama dan sinergi antara Damkar dan berbagai instansi pemerintah dan swasta juga diutarakan oleh Herman.

“Tentu, kami selalu berkoordinasi dengan berbagai instansi di Kabupaten Sumedang, seperti UNPAD, IPDN, CKJT, serta perusahaan di kawasan industri Jatinangor-Cimanggung,” katanya.

Herman juga menyoroti pentingnya mekanisme kerja dan sumber daya manusia (SDM) para pemadam kebakaran.

Baca Juga :  Satpol PP Sumedang: Tak Ada Kata Terlambat, Ketahuan Melanggar Langsung di Tindak Tegas

Ia mengakui bahwa masih ada tantangan dalam optimalisasi layanan Damkar kepada masyarakat Sumedang dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas kerja Damkar dalam menangani bencana kebakaran.

“Penanganan bencana adalah prinsip yang harus dipersiapkan dengan baik,” tegasnya.

Dengan inspeksi mendadak ini, Pj Bupati Sumedang menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam menjaga dan meningkatkan kesiapan Damkar untuk melindungi masyarakat dari ancaman kebakaran.***

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button