KomunitasMancanegara

Ketum PUI Silaturahmi ke Nusantara Foundation di New York: Islam Moderat Harus Ditebarkan di Dunia Internasional

FAJARNUSANTARA.COM, NEW YORK – Puluhan warga muslim hadir dalam acara silaturahmi dan kunjungan Ketua Umum DPP PUI, KH. Nurhasan Zaidi, dalam rangkaian Muhibbah PUI-USA 2021 di kediaman Presiden Nusantara Foundation USA, Imam Shamsi Ali di kawasan New York, Kamis, (25/11/2021).

Meski acara dilaksanakan dalam libur panjang Thanksgiving, tidak menyurutkan semangat para warga muslim untuk saling bersilaturahmi sesama warga muslim lainnya di New York. Bahkan beberapa di antara mereka yang berasal dari luar negara bagian New York sangat antusias untuk hadir dalam acara silaturahmi tersebut.

Acara berlangsung dalam suasana hangat penuh kekeluargaan disertai menu makan siang yang disajikan tuan rumah Imam Shamsi Ali. Menu tradisional Indonesia dan kudapan nusantara disediakan untuk mengobati rasa rindu dan kangen kepada Tanah Air. Apalagi selama pandemi Covid 19, banyak dari mereka yang tidak bisa pulang ke Indonesia.

Baca Juga :  Sosialisasi Empat Pilar, Nurhasan: Semangat Kolaborasi Harus Menjadi Tradisi

Dalam acara itu, Ketua Umum DPP PUI KH Nurhasan Zaidi berkesempatan memberikan tausiyah dan menyapa mereka. Ia mengakui merasa senang dengan kehadiran jamaah muslim di New York yang sudah puluhan tahun merantau dan berkiprah di Amerika Serikat, khususnya New York. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga :  Ketua Umum DPP PUI Mengapresiasi Rakorwil PUI Jawa Barat

“Mereka ini adalah warga muslim Indonesia yang menyebarkan Islam moderat dan Islam Wasathiyah di Amerika. Kehadiran Imam Shamsi Ali mendampingi mereka adalah bukti Islam yang ramah dan damai hadir dalam ruang-ruang kehidupan sosial ekonomi kultural keseharian,” ucapnya penuh semangat.

Sehari sebelumnya, KH Nurhasan Zaidi sempat mengunjungi Pesantren Nur Inka Nusantara Madani di kawasan Connecticut. “Kami ingin PUI bisa belajar memiliki pemikiran open mind dalam kancah global agar bisa melihat dunia Islam lebih luas,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Imam Shamsi Ali mengenalkan beberapa tokoh jamaah tersebut yang mewakili keragaman berbagai daerah seperti dari Jawa, Sunda, Batak, Sulawesi hingga Minang.

Baca Juga :  Bersama DPR, BPH Migas gelar Sosialisasi di Bandung Jawa Barat

“Semua di antara mereka adalah jamaah muslim yang menggerakkan dakwah di New York dimana saya menjadi imam masjid dan Presiden Nusantara Foundation,” ungkapnya.

Imam Shamsi Ali sangat senang menyambut kehadiran KH Nurhasan Zaidi yang merasa seperti sahabat lama dalam perjuangan dakwahnya.

“Alhamdulillah kami sangat menyambut kehadiran Ustadz Nurhasan bersilaturahmi ke pesantren dan kediaman kami. Ini menunjukkan bahwa perjuangan dakwah dan silaturahmi harus terus dilanjutkan,” tambahnya.

Acara diakhiri dengan menyantap hidangan bersama, dilanjutkan sholat berjamaah dan foto bersama. (Kontributor: RH)

Selengkapnya
Back to top button