DaerahPemerintahan

Isu Provinsi Sunda Mencuat Lagi, RinSo: Surat Usulan Perubahan Belum Masuk DPRD Jabar

FAJARNUSANTARA.COM, BANDUNG – Baru-baru ini, isu nama Provinsi Jawa Barat diubah menjadi Provinsi Sunda, kembali mencuat. Isu itu, muncul lagi pasca digelarnya Konferensi Sunda 2020 yang digelar di Bandung.

Namun begitu, usulan perubahan nama provinsi itu belum masuk sebagai bahasan di DPRD Jabar. Seperti dikatakan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Ridwan Solichin.

“Surat usulan perubahan Provinsi Jabar belum masuk DPRD,” kata RinSo sapaan akrab Ridwan Solichin, Rabu (14/10) kemarin.

Menurutnya RinSo, untuk saat ini, DPRD Jabar tengah fokus pada pembahasan daerah otonom baru kabupaten/kota yang akan dimekarkan.

“Di Komisi 1 DPRD Jabar itu sedang fokus pada daerah otonom baru yang sudah siap yaitu Garut Selatan, Bogor Barat dan Sukabumi Utara,” ujarnya.

RinSo menyebutkan, usulan itu sudah disetujui dewan serta Gubernur Jawa Barat. Namun, menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat. Sebab, ada moratorium sehingga masih perlu lobi agar dihapus. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button