Ekonomi

Harga Kepokmas Naik, Kang RinSo Ajak Masyarakat Manfaat Pekarangan Kosong

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Politis Muda Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Asal Jatinangor yang sekarang sukses menjadi Sekretaris Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Barat H Ridwan Solichin, SIP, MSi, selalu kreatif dan aktraktif serta Inovatif dalam menghadapi berbagai keadaan.

Seperti halnya ketika banyak harga Kepokmas melonjak, sosok Ridwan Sholichin tetap tenang, karena ternyata sudah mempersiapkan kiat kiatnya.

“Saya mengajak masyarakat untuk tetap tenang dalam menghadapi peningkatan Kepoknas, mari kita gerakan melakukan gerakan pemanfaatan lahan lahan yang kosong dan terbengkalai disekitar kita. Maka dari itu ayo sama-sama kita lakukan gerakan ini,” ucap Sekretaris Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Barat itu.

Kang Rinso menuturkan, jika ada lahan yang kosong disekitar dikelola lebih optimal, maka, menjadi lahan produktif yakni, dengan ditanami sayur sayuran, seperti, cabai, tomat, buncis, singkong, seledri dan banyak lagi yang lainya.

“Pada intinya gerakan optimalisasi pemanfaatan lahan kosong ini, adalah salah satu gerakan yang bermafaat, dan hasilnya juga selain untuk di konsumsi sendiri bisa juga dijual,” ungkap Kang Rinso, Politis PKS yang gemar berkebun.

Perlu diketahui, kang Rinso memanfaatkan lahannya di sekitar Perumaha Puri Jatinangor dengan menanami Cabai, banyak yang berhasil dengan gerakan ini, ada yang sampai membudidyakan sayuran secara hidroponik di pekarangan rumah,

Selain itu lanjut kang Rinso, ada juga yang budidaya jamur tiram, atau menanam bibit cabai unggul di media pot, beternak ayam, burung puyuh, budidaya lele dengan media kolam terpal, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan optimnalisasi ini.

“Saat ini harga cabai lagi mahal-mahalnya mencapai Rp 85 ribu/Kg, setidaknya kalau di pekarangan kita mau menanam cabai kalaupun tidak ada lahan, bisa dengan media pot atau polybag, maka untuk urusan kebutuhan cabai konsumsi keluarga sendiri masih bisa teratasi, tidak melulu harus beli,” sarannya.

Gerakan optimalisasi lahan kosong ini bukan isapan jempol, karena legislator PKS dari Dapil Jabar XI (Sumedang Majalengka Subang) ini sudah sejak lama melakukannya, di kediamannya di Perumahan Puri Jatinangor tidak ada sejengkal lahanpun yang tidak dimanfaatkan.

Dalam pantauan awak media ternyata benar di sekitar pekarangan rumahnya dengan mudah ditemukan tanaman keladi, singkong, sirsak, mangga, pisang, pepaya, tomat, stroberi, ada juga kolam ikan air tawar konsumsi, budidaya lele dan ayam buras. (ESH).

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button