Politik

Antisipasi Kendala Akses dan Cuaca, Panwascam Cisitu Siap Pantau Distribusi Logistik Pemilu 2024

FAJARNUSANTARA, SUMEDANG – Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Cisitu mengadakan pers release terkait pengawasan logistik Pemilu 2024 di sekretariat Panwaslu Kecamatan Cisitu, Rabu (6/12/2023). Ketua Panwascam Cisitu, Prabudi Eltaufan mengatakan bahwa  kesiapan logistik di Kecamatan Cisitu secara teknis sudah siap hampir 90%.

Menurut Prabudi pihaknya sudah mempersiapkan dan memetakan untuk terus memantau jalur pendistribusian logistik baik tingkat Kecamatan maupun saat nanti ketika didorong di tingkat TPS yang tersebar di 101 titik TPS.

“jadi kita siap, kita mengawasi logistik itu bagaimana sampai tepat, terutama tepat dari sisi kualitas dan kuantitas,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu komisioner Panwascam Cisitu, Encep Iman Hadi menyoroti kendala yang kemungkinan akan dihadapi saat distribusi logistik ke TPS, yakni Akses jalan dan cuaca.

Namun Encep mengatakan semua permasalahan tersebut sudah dikoordinasikan dan diantisipasi oleh pihaknya yang berkoordinasi secara intens dengan PPK Cisitu. Salah dua desa yang memiliki “tantangan” saat distribusi logistik pemilu adalah Desa Cinangsi dan Desa Cimarga.

“daerah yang rawan berada di daerah yang ada longsoran (Cinangsi) kemudian untuk akses lainnya atau istilah lainnya itu secara geografis agak rawan berada di desa Cimarga. Cimarga itu pegunungan jalannya agak curam tapi ada jalur alternatif yang dilewati untuk ke desa Cimarga, pertama kita bisa melewati jalan dari desa Linggajaya dan (kedua) ke Batudua,” terangnya.

Adapun Panwascam Cisitu mendapatkan informasi mengenai dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Cinangsi yang terisolir akibat putusnya jembatan penghubung, akan di distribusikan menggunakan kendaraan bermotor.

Lebih lanjut, Encep menjelaskan bahwa Panwascam Cisitu untuk pengawasan logistik menganjurkan Pengawas Kelurahan/Desa (PKS) untuk berkoordinasi secara berjenjang dengan PPS setempat. Ia pun memasttikan TPS dan gudang logistik aman dari gangguan keamanan dan aman dari cuaca terutama kita itu memasuki musim hujan.

“karena di TPS juga ada gudang logistik dan dipastikan gudang logistiknya juga aman dari gangguan keamanan dan aman dari cuaca, terutama kita itu memasuki musim hujan. Jadi dengan mengoptimalkan fungsi koordinasi itu merupakan bagian dari fungsi pencegahan supaya hal-hal yang tidak diinginkan itu tidak terjadi. Kita harus pastikan logistik itu harus sampai H-1 ke TPS masing-masing,” jelasnya.

Ia pun berharap dengan ketepatan waktu dalam distribusi logistik pemilu, akan menjadikan Pemilu 2024 sukses dan berjalan kondusif.

Rifki Mutaali

Rifki Muhamad Mutaali adalah wartawan muda di Sumedang, sudah aktif di dunia pers dan literasi sejak bangku sekolah dan perkuliahan dengan mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik, pelatihan jurnalistik, hingga sempat menjadi bagian dari Lembaga Pers Mahasiswa di salah satu Universitas Negeri di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button